35+ Virus Penyebab Penyakit Pada Manusia yang Mematikan dan Mengerikan

35+ Virus Penyebab Penyakit Pada Manusia yang Mematikan dan Mengerikan akan admin ulas pada artikel kali ini. Di artikel Biologi sekaligus kesehatan ini, admin akan menjabarkan beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus merupakan makhluk hidup renik (berukuran kecil) yang dapat berguna ataupun berdampak buruk bagi kehidupan manusia. Setelah kemarin admin mengulas mengenai Sejarah Virus HIV, Virus Ebola, dan Virus Zika dan Replikasi Virus dengan Siklus Litik dan Lisogenik, bahasan ini juga berkaitan dengan virus.

Penyakit yang disebabkan oleh virus cenderung mudah menular melalui berbagai media, seperti udara. Kebanyakan virus dapat menyebabkan kematian, namun ada beberapa jenis virus yang tak berimbas hingga kesana. Hingga saat ini, beberapa virus memiliki tingkat penyembuhan 0%, dimana apabila ada manusia yang terserang virus ini, akibatnya akan meninggal dunia, tanpa ada kemungkinan sembuh. Mengerikan bukan? Simak pembahasan 35+ Virus Penyebab Penyakit Pada Manusia yang Mematikan dan Mengerikan versi BelajarIPA berikut.

 

Penyakit Virus

35+ Virus Penyebab Penyakit Pada Manusia yang Mematikan dan Mengerikan

35+ Virus Penyebab Penyakit Pada Manusia yang Mematikan dan Mengerikan

Virus penyebab penyakit pada manusia, berbeda dengan hewan maupun tumbuhan. Jika pada tumbuhan dan hewan, virus biasanya cepat membunuh inangnya, namun pada manusia, virus tak langsung menyebabkan kematian. Lama waktu hidupnyapun cenderung lebih lama di manusia, ketimbang di hewan dan di tumbuhan. Berikut daftar penyakit yang disebabkan virus yang menyerang manusia.

Penyakit yang Disbabkan oleh Virus Cenderung Menular 

Daftar Virus Penyebab Penyakit pada Manusia

  1. AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrom),
  2. Ebola,
  3. Zika,
  4. Hepatitis (Penyakit Hati),
  5. Demam Berdarah Dengue (DBD),
  6. Severe Re Acute Respiratory Syndrome (SARS),
  7. Parotis (Gondong),
  8. Herpes Simpleks,
  9. Campak biasa,
  10. Campak jerman (Rubella),
  11. Flu Burung (Avian Influenza),
  12. Flu Singapura,
  13. Flu biasa,
  14. Flu Babi,
  15. Herpes Simpleks,
  16. Herpes Zoster,
  17. Polio,
  18. Cacar Air,
  19. Cacar Api,
  20. Muntaber,
  21. Pneumonia,
  22. Demam kuning,
  23. Anthrax,
  24. Leishmoniasis,
  25. Cacingan,
  26. Pesteurellosis atau pes,
  27. Diare,
  28. Roseola,
  29. Rabies,
  30. Malaria,
  31. Middle East Respiratory Syndrome (MERS),
  32. Gondongan,
  33. Kutil,
  34. Chikungunya,
  35. Demam Hemmorrbagic, serta
  36. Bisul pada kelamin.

 

Menganal Penyakit Akibat Virus

Setelah menyebutkan list virus yang menyebabkan penyakit pada manusia, sekarang admin akan sedikit mengulas mengenai virus virus tersebut, selamat menyimak.

1. Virus Penyebab Penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrom)

Struktur Tubuh Virus HIV - BelajarIPA

Struktur Tubuh Virus HIV – BelajarIPA

AIDS adalah kependekan dari Acquired Immune Deficiency Syndrom. Penyakit AIDS disebabkan oleh HIV. HIV sering menjadi momok menakutkan bagi penderitanya, karena banyak nyawa telah melayang karenanya. HIV merupakan salah satu virus dengan jumlah penderita tertinggi di dunia. Penyakit HIV Virus ini ditularkan melalui beberapa media. Diantara penyebab HIV ialah sebagai berikut:

  • Transfusi Darah,
  • ASI, serta
  • Kontak seksual.

Baca Juga: Sejarah Penyakit AIDS

2. Ebola

Struktur Tubuh Virus Ebola - Belajar IPA

Struktur Tubuh Virus Ebola – Belajar IPA

Penyakit Ebola (dikenal juga dengan EVD serta EHF) disebabkan oleh virus Ebola. Penderita penyakit Ebola mulai akan merasakan penyakit ini mulai dari 2 hingga 3 minggu terhitung dari awal Virus Ebola menyerang. Gejala yang ditimbulkan dan akibat dari virus ini cukup ganas dan mematikan. Mulanya, penderita Ebola akan menderita demam, nyeri otot, sakit kepala, kemudian sakit tenggorokan. Selain itu, penderita juga kerap mengalami mual, muntah, diare, serta menurunnya fungsi liver dan ginjal. Selanjutnya, akan timbul pendarahan pada manusia yang terpapar virus Ebola.

Ebola merupakan penyakit yang sering membunuh para penderitanya. Selain menggunakan kontak udara dengan penderita Ebola, penyakit ini biasanya ditularkan melalui media babi, kelelawar, maupun kera yang telah terinfeksi Ebola sebelumnya.

Baca Juga: Sejarah Penyakit Ebola

3. Zika

Berbeda penyakit AIDS dan Ebola yang mematikan, ada lagi penyakit ringan yang ditularkan oleh virus, yaitu penyakit zika (flu zika). Penyakit Zika disebabkan oleh virus Zika yang dibawa oleh nyamuk Zika atau nyamuk Aedes Aegypti. Mulai dari tahun 1950 hingga sekarang, penularan virus zika sudah banyak menyerang manusia di berbagai Negara. Gejala virus zika yaitu gatal, demam, pusing, nyeri otot, hingga bintik merah pada kulit. Gejala zika ini perlu kamu ketahui untuk meminimalisir kemungkinan penyakit yang lebih parah.

Untuk mencegah penyakit ini, sama halnya dengan mencegah nyamuk demam berdarah, seperti yang dibahas pada artikel berikut.

4. Hepatitis (Penyakit Hati)

Struktur Tubuh Virus Hepatitis B - Belajar IPA

Struktur Tubuh Virus Hepatitis B – Belajar IPA

Virus penyebab penyakit Hepatitis atau penyakit hati ialah Virus Mumps, Virus Rubella, Virus Cytomegalovirus, Virus Herpes, serta Virus Epstein-Barr. Hepatitis disebabkan oleh berbagai macam cara, seperti buruknya kebersian penderita, transfusi darah, narkoba, alkohol, dan lainnya. Hepatitis memiliki berbagai jenis, yaitu Hepatitis A, B, C, D, E, hingga penyakit Hepatitis yang baru ditemukan yaitu Hepatitis G.

5. Demam Berdarah Dengue (DBD)

DBD atau Demam Berdarah Dengue merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue. Virus ini dapat dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Sama halnya dengan penyakit Zika, DBD dapat dicegah dengan meminimalisir perkembangan nyamuk tersebut.

Baca Juga: Mengenal Cabang Cabang Ilmu Biologi

6. Severe Re Acute Respiratory Syndrome (SARS)

SARS (Severe Reacute Respiratory Syndrome) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Corona. Virus mematikan ini dibawa oleh musang serta rakun. Penderita penyakit SARS dapat terserang demam yang mencapai suhu 40 derajat celcius. Menyeramkan bukan?

7. Parotis (Gondong)

Penyakit berikutnya yang disebabkan oleh virus ialah Parotis. Penyakit yang dikenal di masyarakat dengan nama Gondong ini diakibatkan oleh Paramyxovirus. Penyakit gondong ditandai dengan adanya pembengkakan dibagian leher penderita. Gondong merupakan penyakit yang dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan cairan (ludah, urine) penderita.

8. Herpes Simpleks

Penyakit Herpes disebabkan oleh virus Herpes Simpleks. Penyakit Herpes memiliki gejala yang jarang terlihat, sehingga kebanyakan orang tidak menyadari bahwa dirinya telah terserang penyakit ini. Herpes dapat ditularkan melalui kontak udara langsung dengan penderita. Hal unik dari penyakit ini yaitu apabila penderita sudah tidak menunjukkan gejala Herpes lagi, belum tentu penyakitnyapun menghilang.

9. Campak Biasa

Penyakit campak disebabkan oleh virus golongan Paramyxovirus yang biasa menyerang anak anak. Penyakit campak memiliki gejala berupa demam dan bintik merah yang ada di sekujur tubuh. Seperti penyakit yang disebabkan oleh virus lainnya, campak merupakan penyakit menular yang menggunakan media udara untuk penyebarannya.

Baca Juga: Struktur Tubuh Virus

10. Campak Jerman (Rubella)

Berbeda dengan campak biasa, Rubella merupakan jenis penyakit campak yang sering menyerang ibu hamil. Penyakit campak jerman ini disebabkan oleh virus rubella. Virus rubella dapat menular melalui kontak dengan cairan penderita lain, seperti melalui ludah ataupun ingus.

11. Flu Burung (Avian Influenza)

Struktur Tubuh Virus Influenza - Belajar IPA

Struktur Tubuh Virus Influenza – Belajar IPA

Virus penyebab penyakit Flu Burung adalah H5N6, H6N1, H7N7, H9N2, dan H10N8. Flu burung dapat ditularkan oleh unggas, seperti ayam maupun bebek. Hingga kini, flu burung banyak menyerang masyarakat Indonesia.

12. Virus Penyebab Penyakit Polio

Penyakit akibat virus terakhir yang akan admin bahas yaitu Polio. Virus penyebab penyakit polio adalah Human EnteroVirus C. Polio kerap menyerang orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Penyakit menular ini dapat menyebabkan komplikasi penyakit lainnya, yang dapat membunuh penderita.

 

Itulah beberapa 35+ Virus Penyebab Penyakit Pada Manusia yang Mematikan dan Mengerikan dari pembahasan ilmu biologi, semoga dapat menambah pengetahuan pembaca.

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.