Struktur Organisasi Kehidupan Tingkat Molekul, Sel, Jaringan, Organ, Individu, Populasi, Ekosistem, dan Bioma

Struktur Organisasi Kehidupan Tingkat Molekul, Sel, Jaringan, Organ, Individu, Populasi, Ekosistem, dan Bioma akan admin bahas kali ini. Keragaman pada sistem organisasi kehidupan ini kerap ditemui. Karenanya penting bagi kita untuk mengetahui keragaman organisme kehidupan di alam semesta. Pengertian struktur tingkat organisasi kehidupan adalah tingkatan dalam kehidupan yang dimulai dari bagian paling sederhana hingga yang kompleks.

Tiap tingkatan ini akan menjelaskan peranan penting dalam memperlajari biologi. Urutan tingkatan organisasi kehidupan yang benar adalah dimulai dari tingkatan molekul sebagai tingkatan terendah hingga tingkat biosfer. Untuk tingkatan Organisasi kehidupan makhluk hidup ialah sebagai berikut:

  1. Organisasi Tingkat Molekul,
  2. Organisasi Tingkat Sel,
  3. Organisasi Tingkat Jaringan,
  4. Organisasi Tingkat Organ,
  5. Organisasi Tingkat Sistem Organ,
  6. Organisasi Tingkat Individu,
  7. Organisasi Tingkat Populasi,
  8. Organisasi Tingkat Komunitas,
  9. Organisasi Tingkat Ekosistem, serta
  10. Organisasi Tingkat Bioma (Biosfer).

Nah, untuk pembahasan lengkap struktur organisasi kehidupan secara lengkapnya, simak pembahasan berikut ini.

 

Tingkat Organisasi Kehidupan

Organisasi tingkat kehidupan secara sederhana dapat diurutkan sesuai dengan gambar berikut ini:

 

Tingkatan Struktur Organisasi Tingkat Kehidupan dari Molekul Hingga Biosfer

Tingkatan Struktur Organisasi Tingkat Kehidupan dari Molekul Hingga Biosfer

Jika diambil contoh dari gajah, maka organisasi pertama berupa tingkat molekul. Tingkat molekul biasanya terdiri dari asam dan protein. Ditingkat berikutnya ada tingkatan sel, biasanya berbentuk mikroorganisme. Selanjutnya ada tingkatan jaringan, seperti jaringan embrio. Di tingkat berikutnya ada organ, seperti belalai yang merupakan organ pernapasan pada gajah. Di tingkat berikutnya ada sistem organ yang merupakan kumpulan dari organ, seperti sistem pernapasan. Di tingkat berikutnya ada tingkat individu, populasi, ekosistem, hingga bioma.

Baca Juga: Cabang Cabang Ilmu Biologi serta Ruang Lingkup Biologi

 

Organisasi Tingkat Molekul

Organisasi terendah dari organisasi kehidupan yaitu tingkat molekul. Molekul adalah kumpulan dua atom atau lebih dalam susunan tertentu yang terikat bersama oleh ikatan kimia. Penyusun tingkat terendah hanya terdiri dari asam nukleat, yaitu ADN (Asam Deoksi Ribonukleat), ARN (Asam Ribonukleat), serta protein. Contoh lain yaitu virus yang memilki ukuran mencapai 2-20 milimikron.

 

Organisasi Tingkat Sel

Menurut teori yang dikembangkan oleh Schleiden dan Schwann, ia menuturkan bahwa setiap makhluk hidup terdiri atas sel. Baik makhluk hidup yang besar, maupun kecil. Makhluk hidup setingkat Amoeba dan Paramaecium yang tergolong sangat kecil ini juga memiliki sel (walaupun hanya satu/unicell).

Di tahun 1985, muncul istilah Omnis Cellula Cellula yang berarti setiap sel berasal dari sel sel pula. Istilah yang dicetuskan oleh Rudolf Virchow tersebut menyatakan bahwa sel merupakan kesatuan dalam makhluk hidup.

Struktur Sel

Struktur sel atau struktur organisasi sel dapat kamu lihat sesuai gambar organisasi kehidupan tingkat sel dibawah ini.

Susunan Struktur Organisme Sel Tumbuhan dan Hewan

Susunan Struktur Organisme Sel Tumbuhan dan Hewan

Baca Juga: Hakikat Biologi Sebagai Ilmu Sains

 

Organisasi Tingkat Jaringan

Zigot Merupakan Contoh Struktur Organisasi Kehidupan Tingkat Jaringan

Zigot Merupakan Contoh Struktur Organisasi Kehidupan Tingkat Jaringan

Struktur organisasi berikutnya yaitu organisasi kehidupan tingkat jaringan. Organisasi jaringan adalah kumpulan sel dimana memiliki fungsi sama yang membentuk sebuah kelompok. Pada hewan, contoh organisasi tingkat jaringan adalah zigot yang mengalami pembelahan sel membentuk blastula. Selanjutnya, blastula akam berubah bentuk menjadi jaringan tumbuh seperti jaringan kulit, jaringan otot, dan lainnya.

 

Organisasi Tingkat Organ

Di tingkat ke empat, ada organisasi kehidupan tingkat organ. Organ adalah jaringan yang bekerjasama untuk membentuk fungsi yang kompleks. Misalnya pada organ jantung, terdiri dari jaringan otot, jaringan saraf, serta jaringan lainnya.

 

Organisasi Tingkat Sistem Organ

Orgasnisasi tingkat sistem organ adalah kumpulan organ yang berkoordinasi untuk membentuk satu fungsi yang kompleks. Misalnya sistem organ pernafasan, yang terdiri dari organ jantun, organ hidung, organ tenggorokan, dan organ lainnya.

 

Organisasi Tingkat Individu

Sistem organisasi kehidupan yang selanjutnya yaitu individu. Pada tingkat individu, seluruh sistem saling berkaitan dan berinteraksi untuk melaksanakan fungsi kompleks. Misalnya kumpulan sistem organ pernapasa, sistem organ pencernaan, dan yang lainnya untuk membentuk fungsi utama pada makhluk hidup.

 

Organisasi Tingkat Populasi

Di tingkat organisasi makhluk hidup berikutnya ada organisasi tingkat populasi. Populasi adalah kumpulan individu yang memiliki kriteria sama. Misalnya populasi pohon bakau, yang merupakan kumpulan individu yang sama dengan jumlah yang banyak.

Baca Juga: Daftar Situd Download Ebook Gratis

 

Organisasi Tingkat Komunitas

Contoh Struktur Organisasi Komunitas Sawah

Contoh Struktur Organisasi Komunitas Sawah

Organisasi tingkat komunitas adalah kumpulan populasi yang dapat berkoordinasi antara satu dengan yang lainnya. Di tingkat komunitas ini, contohnya semut yang hanya dapat hidup di darat. Karenanya semut tidak mungkin masuk ke dalam ekosistem air. Organisasi kehidupan makhluk hidup dalam Ekosistem hutan misalnya, dapat terdiri dari populasi semut, populasi ayam, dan yang lainnya.

 

Organisasi Tingkat Ekosistem

Pada organisasi ekosistem, merupakan kumpulan populasi yang membentuk kehidupan dengan syarat tertentu. Ekosistem adalah tingkatan dan kumpulan komunitas yang telah terhubung dengan abiotik. Misalnya populasi sawah yang berhubungan dengan cahaya matahari.

 

Organisasi Tingkat Bioma

Struktur Organisasi Kehidupan Tingkat Molekul, Sel, Jaringan, Organ, Individu, Populasi, Ekosistem, dan Bioma

Struktur Organisasi Kehidupan Tingkat Molekul, Sel, Jaringan, Organ, Individu, Populasi, Ekosistem, dan Bioma

Organisasi dengan tingkatan tertinggi yaitu Bioma. Bioma atau biosfer adalah kumpulan benda hidup yang dapat saling berhubungan dengan ekosistem lain di sekitar. Misalnya ekosistem pantai yang bisa berhubungan dengan ekosistem laut, serta ekosistem hutan. Pada tingkatan tertinggi ini, contohnya yaitu bumi yang juga disebut biosfer.

 

Kesimpulan

Struktur organisasi kehidupan terdiri dari 10 Tingkatan, yang urutan organisasi kehidupan terdiri dari Molekul, Sel, Jaringan, Organ, Sistem Organ, Individu, Populasi, Komunitas, Ekosistem, serta Bioma.

Baca Juga: Pembahasan Siklus Litik dan Lisogenik pada Virus

Artikel Struktur Organisasi Kehidupan Tingkat Molekul, Sel, Jaringan, Organ, Individu, Populasi, Ekosistem, dan Bioma admin cukupkan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.