Reproduksi Zygomycota: Pengertian, Ciri, Habitat, serta Contoh Jamur Zygomycota

Reproduksi Zygomycota: Pengertian, Habitat, Contoh Jamur Zygomycota akan admin bahas kali ini. Zygomycota adalah jenis jamur yang sering dijumpai. Setelah membahas mengenai ciri fungi pada artikel kemarin, kali ini admin akan membahas klasifikasi fungi versi pertama, yaitu Zygomycota. Di artikel biologi kelas X ini, admin akan membahas pengertian zygomycota, habitat zygomycota, ciri zygomycota, reproduksi zygomycoti, serta contoh zygomycota.

 

Mengenal Zygomycota

Pengertian Zygomycota

Reproduksi Zygomycota Pengertian, Ciri, Habitat, serta Contoh Jamur Zygomycota

Reproduksi Zygomycota adalah Pengertian, Ciri, Habitat, serta Contoh Jamur Zygomycota

Zygomycota adalah jenis jamur miselium yang pada umumnya tidak memiliki sekat pada hifa (aseptae). Seperti yang telah admin bahas sebelumnya, klasifikasi jamur berdasarkan reproduksinya dibagi menjadi 4 kelompok. Berikut klasifikasi kingdom fungi :

  • Zygomycota,
  • Ascomycota,
  • Basidiomycota,
  • Divisi deuteromycota, serta
  • Chytridiomycota.

Zygomycota adalah jenis jamur miselium yang pada umumnya tidak memiliki sekat pada hifa (aseptae).

Ciri umum zygomycota adalah memiliki zygospora saat proses reproduksi secara generatifnya. Ciri zygomycotina inilah yang membedakan jamur jenis ini dengan jenis lainnya. Zygomycota atau zygomycotina juga sering disebut dengan Jamur Konjugasi. Karakteristik zygomycota serta ciri ciri fungi jenis ini ialah:

  1. Memiliki hifa yang tidak bersekat.
  2. Tidak memiliki dinding sel pada hifanya.
  3. Dapat bereproduksi secara seksual maupun aseksual.
  4. Tahan terhadap kondisi lingkungan yang buruk.

Jamur jenis ini memiliki tingkatan yang lebih tinggi dibanding jenis jenis fungi lainnya, seperti Ascomycota, dan Basidiomycota. Ascomycota memiliki sifat polifiletik. Polifiletik adalah jenis organisme yang memiliki keturunan berbeda dari nenek moyangnya.

Baca Juga: Ciri Ciri Umum Kingdom Fungi

 

Habitat Zygomycota

Zygomycota  biasa hidup di darat ataupun di dalam tanah. Selain itu, ada pula beberapa zygomycota  yang hidup pada bagian tumbuhan, maupun bangkai hewan yang telah membusuk. Selain di ke tiga tempat tersebut, ada juga jenis zygomycotina yang hidup di roti busuk, yang berperan sebagai organisme pembusuk

 

Reproduksi Zygomycota

Zygomycota berkembang biak secara reproduksi aseksual dan reproduksi seksual. Reproduksi zygomycota secara aseksual dilakukan dengan gametogami. Gametogami adalah proses reproduksi menggunaan zigospora. Sedangkan reproduksi zygomycotina secara seksual dilakukan dengan menghasilkan sporangium.

Organ reproduksi fungi jenis zygomycota disebut dengan zygosporangium. Adapun bentuk organ reproduksi zygomycota dan ascomycota adalah berdinding tebal yang berwarna hitam. Berikut cara reproduksi zygomycota secara seksual dan aseksual.

Reproduksi Zygomycota secara Seksual dan Aseksual pada Mucor Mucedo

Reproduksi Zygomycota secara Seksual dan Aseksual pada Mucor Mucedo

Baca Juga: Cara

 

Contoh Zygomycota

Contoh zygomycota yang telah ditemukan oleh para peneliti mencapai 600 spesies Contoh zygomycota adalah Rhizopus Sp, Mucor javanicus, Mucor mucedo.

Rhizopus Sp

Contoh Zygomycota berupa Jamur Rhizopus stolonifer yang berguna untuk pembuatan tempe dan roti

Contoh Zygomycota berupa Jamur Rhizopus stolonifer yang berguna untuk pembuatan tempe dan roti

Contoh Zygomycota yang pertama yaitu Rhizopus Sp. Peranan fungi jenis ini sering digunakan dalam pengolahan kedelai (seperti Rhizopus oliogosporus, Rhizopus stolonifer dan Rhizopus oryzae) dalam tahap pembuatan tempe. Selain itu, beberpa spesies Rhizopus digunakan untuk mempercepat proses pembusukan.

Mucor javanicus

Contoh Zygomycotina selanjutnya yaitu Mucor Javanicus. Jenis zygomycota ini biasa digunakan untuk membuat tape. Mucor javanicus mampu mengubah amilum menjadi gula yang lebih sederhana. Mucor javanicus banyak ditemukan pada ragi tape, sebagai bahan utama pembuatan berbagai jenis tape.

Mucor mucedo

Contoh Zygomycotina berupa Jamur Mucor mucedo yang biasa hidup di kotoran ternak

Contoh Zygomycotina berupa Jamur Mucor mucedo yang biasa hidup di kotoran ternak

Contoh jamur zygomycota yang terakhir yaitu Mucor mucedo. Mucor mucedo banyak ditemukan pada kotoran ayam, kambing, dan hewan ternak lainnya.

Sekian bahasan admin mengenai Reproduksi Zygomycota: Pengertian, Habitat, Contoh Jamur Zygomycota, semoga dapat menambah pengetahuan teman teman.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.