Perbedaan Kelajuan dan Kecepatan serta Jarak dan Perpindahan

BelajarIPA.net Ketika membuat judul tentang apa perbedaan kelajuan dan kecepatan saya teringat dengan salah satu senior di organisasi sewaktu kuliah. Waktu itu, kami akan mengadakan persekutuan untuk calon guru dan guru di Bandar Lampung. Sebelum acara dimulai, saya berbincang dengan seorang guru fisika. Pembicaraan mulai ke arah pelajaran, dan akhirnya abang tersebut bertanya” Apa perbedaan Velocity (kecepatan) dengan Speed (kelajuan)?” Saya pun menjawab pertanyaan abang tersebut. Lalu dia berkata, coba jelaskan dengan versi bahasa Inggris. Wah saya pun hanya tersenyum, karena bahasa Inggris yang saya miliki acak adul hehehe.

Perbedaan Jarak dan Perpindahan

Sebelum menjelaskan tentang perbedaan kecepatan dan kelajuan, apakah para sahabat sudah mengetahui tentang perbedaan jarak (distance) dan perpindahan (displacement)? Jarak dan perpindahan memiliki perbedaan diantaranya jarak adalah besaran skalar sedangan perpindahan adalah besaran vektor. Besaran vektor adalah besaran yang memiliki nilai dan arah, sedangkan besaran skalar adalah besaran yang hanya memiliki nilai saja. Perhatikan gambar dibawah ini:

Jika titik awal ditentukan oleh pangkal anak panah dan titik akhir di ujung (mata anak panah), bisa anda lihat perbedaan dari kedua jarak dan perpindahan. Coba catat ya jika anda sudah mengetahui perbedaan antar kedua besaran tersebut. Yuk kita bahas tentang perbedaan jarak dan perpindahan. Perpindahan adalah seberapa jauh perubahan posisi yang diukur dengan panjang perubahan posisi akhir dan posisi awal. Pada gambar, perpindahan diberi warna merah. Sedangkan jarak adalah panjang seluruh lintasan yang dilaluinya yang diberi warna merah. Kedua besaran ini harus anda perhatikan, karena besaran ini akan dipakai dalam persamaan kecepatan dan kelajuan.

Perbedaan Kelajuan dan Kecepatan

Perbedaan Kelajuan dan Kecepatan - Belajar IPA
Perbedaan Kelajuan dan Kecepatan – Belajar IPA

Jika kita sudah mengetahu tentang definisi perpindahan dan jarak, kita kembali membahas topik utama kita saat ini yaitu perbedaan kecepatan dan kelajuan. Kelajuan adalah jarak yang ditempuh oleh sebuah benda dibagi dengan waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tersebut. Sedangkan kecepatan adalah besar perpindahan dibagi dengan waktu yang dibutuhkan oleh objek tersebut berpindah posisi.

Perhatikan persamaan dari kecepatan dibawah ini:

Rumus Persamaan Kecepatan - Belajar IPA
Rumus Persamaan Kecepatan – Belajar IPA

Dengan v adalah kecepatan, delta S adalah perpindahan dan delta t adalah waktu. Sebenarnya rumus antara kecepatan dan kelajuan tidak jauh beda, hanya saja untuk kelajuan tidak memiliki anak panah di atas persamaannya. Anak panah ini menunjukan bahwa kecepatan adalah salah satu besaran vektor.

Sebenarnya masih banyak yang ingin dijelaskan, namun saya belum mempersiapkan persamaan dan contoh soalnya. Lain waktu akan dibahas lagi sehingga para pembaca lebih tahu lagi mengenai perbedaan kecepatan dan kelajuan.

Jika anda mengutip artikel ini, harap mencantumkan artikel ini kedalam daftar pustaka anda dengan cara :

Tobing, Y. L. (2017). Perbedaan kecepatan dan kelajuan. [Online] Tersedia  https://www.belajaripa.net/perbedaan-kelajuan-dan-kecepatan-serta-jarak-dan-perpindahan  diakses pada tanggal 19 Oktober 2017 (tanggal akses anda sesuaikan)

Jika anda mencantumkan sitasi tersebut berarti anda menghargai hasil karya seseorang.