Peranan Bakteri Bagi Kehidupan Manusia dalam Lingkungan Sehari-Hari

Peranan Bakteri Bagi Kehidupan Manusia dalam Lingkungan Sehari-Hari akan admin bahas kali ini. Setelah beberapa waktu lalu admin mengulas 15+ virus menguntungkan, serta dampak buruk virus, sekarang admin akan menjelaskan mengenai kelebihan bakteri yang dapat dimanfaatkan manusia. Materi biologi kelas X ini admin tuliskan untuk melengkapi materi SMA yah.

Bakteri identik dengan penyakit, namun tidak semuanya bakteri merugikan. Bakteri memiliki banyak kelebihan dan tentunya menguntungkan bagi kehidupan. Berikut beberapa manfaat bakteri dalam kehidupan sehari hari.

 

Peranan Bakteri dalam Kehidupan

Peranan Bakteri Bagi Kehidupan Manusia dalam Lingkungan Sehari-Hari

Peranan Bakteri Bagi Kehidupan Manusia dalam Lingkungan Sehari-Hari

Peranan mikroorganisme dalam kehidupan manusia sangatlah banyak, termasuk dari bakteri ini. Manfaat serta peranan bakteri dalam kehidupan manusia yang akan admin bahas, telah dikelompokkan sesuai kategorinya, seperti:

  • Manfaat bakteri bagi kehidupan manusia di bidang pertanian,
  • Manfaat bakteri bagi kehidupan di bidang gizi dan makanan,
  • Manfaat bakteri bagi manusia di bidang kesehatan.

Baca Juga: Klasifikasi Eubacteria, dan Ciri Ciri Eubacteria

 

Peranan Bakteri dalam Bidang Pertanian

Manfaat bakteri dalam bidang pertanian ada banyak, bahkan hingga saat ini, industri bidang pertanian di Indonesia sudah menggunakan bakteri untuk meningkatkan kualitasnya. Diantara contoh manfaat bakteri dalam bidang pertanian sesuai jenis jenis bakteri adalah sebagai berikut:

  1. Bacillus thuringensis: dapat digunakan sebagai pengendali tanaman kobis, jagung, tembakau, serta kobis. Jenis bakteri menguntungkan ini biasa digunakan untuk membuat bibit unggul dari beberapa tanaman. Nama bakteri Bacillus ini diambil dari bentuk bakteri yang menyerupai basil (batang).
  2. Agrobacterium tumefaciens: dapat digunakan sebagai pembuatan tanaman transgenik. Bakteri ini dapat berguna untuk meningkatkan nutrisi pada tumbuhan, seperti memperbanyak buah, ataupun untuk tujuan resistensi tumbuhan terhada hama dan penyakit.
  3. Rhizobium leguminosarum; dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman. Peranan bakteri Rhizobium leguminosarum adalah mengikat nitrogen bebas di udara.
  4. Azotobacter: dapat digunakan untuk memfiksasi nitrogen yang dapat berguna sebagai penyubur tanaman.
  5.  Bakteri Nitrosococcus, Notrosomonas, Nitrobacterdapat berguna untuk menyuburkan tanaman.

Baca Juga: Klasifikasi Archaebacteria

 

Manfaat Bakteri dalam Bidang Makanan

Selain di bidang pertanian dan perkebunan, bakteri juga dimanfaatkan untuk industri makanan. Peranan bakteri bagi kehidupan manusia di bidang industri makanan sudah banyak digunakan. Sebut saja perusahaan yogurt ternama, yang sudah sejak lama menggunakan bakteri baik sebagai bahannya. Selain itu, ada banyak lagi manfaat yang dapat diambil dari bakteri di bidang makanan, seperti:

  1. Lactobacillus bulgaricus: dapat digunakan untuk membuat yogurt.
  2. Acetobacter xylinumdapat digunakan untuk membuat makanan nata de coco dari air kelapa.
  3. Acetobacter aceti bermanfaat sebagai bahan untuk membuat asam cuka.
  4. Streptococcus lactis bermanfaat untuk bahan pembuatan mentega. Bakteri Streptococcus lactis juga dapat digunakan untuk pembuatan keju, serta yogurt. Mikroorganisme keju ini banyak digunakan oleh industri makanan di belahan dunia.
  5. Lactobacillus sp dapat digunakan untuk membuat terasi.
  6. Streptococcus thermophilus adalah bakteri yang banyak digunakan untuk fermentasi makanan. Peranan bakteri Streptococcus thermophilus juga dapat digunakan sebagai pembuat yogurt dan keju. Bakteri ini termasuk dalam gram-positif yang bersifat anaerob.

Contoh bakteri yang digunakan untuk makanan ialah: Lactobacillus sp, Acetobacter xylinum, Acetobacter aceti, Streptococcus lactis, dan Strptococcus thermophilus.

 

Manfaat Bakteri dalam Bidang Kesehatan

Peranan bakteri di bidang kesehatan telah banyak membantu manusia, terutama di bidang pembuatan antibiotik. Selain itu, ada beberapa manfaat lain seperti:

  1. Bacillus thuringensis: dapat digunakan untuk membrantas vektor penyakit demam berdarah dan malaria.
  2. Bacillus brevis: dapat digunakan untuk menghasilkan salah satu jenis antibiotik, yaitu tirotrisin.
  3. Streptomyces griceus: dapat digunakan untuk menghasilkan antibiotik jenis streptomisin. Peranan bakteri streptomyces griseus adalah untuk menghasilkan antibiotik untuk pengobatan bakteri gram negatif. Contohnya, yaitu pembuatan antibiotik untuk bakteri penyebab TBC.
  4. Stretomyces aureofacien: dapat digunakan untuk menghasilkan antibiotik jenis aureomisin.
  5. Streptomyces venezuele: dapat digunakan sebagai penghasil antibiotik jenis kloramfenikol.
  6. Acillus polymyxa: dapat digunakan untuk menghasilkan polimiksin.
  7. Bacillus substilis: dapat digunakan untuk menghasilkan basitrasin.

Baca Juga: Cara Bakteri Berkembang Biak

 

Peranan Bakteri di Bidang Lainnya

  1. Methanobacterim: dapat digunakan untuk pembuatan biogas untuk bahan bakar.

Peranan Bakteri Bagi Kehidupan Manusia dalam Lingkungan Sehari-Hari admin cukupkan sekian, semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan tinggalkan komentar di artikel peranan bakteri dalam kehidupan sehari hari ini yah.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.