Pengertian Rancangan Penelitian: Contoh, Manfaat, serta Jenis Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran

Pengertian Rancangan Penelitian: Contoh, Manfaat, serta Jenis Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran akan admin bahas kali ini. Rancangan penelitian erat kaitannya dengan penelitian ilmiah. Di bidang ilmu biologi sendiri, penggunaan rancangan ini harus terstruktur agar dapat berjalan sesuai dengan alur penelitian ilmiah. Sebelum membahas lebih jauh mengenai contoh penelitian dan apa saja manfaat rancangan penelitian, mari mengenal pengertian rancangan penelitian terlebih dahulu.

 

Rancangan Penelitian

Pengertian Rancangan Penelitian Menurut para Ahli

Pengertian Rancangan Penelitian Contoh, Manfaat, serta Jenis Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran

Pengertian Rancangan Penelitian Contoh, Manfaat, serta Jenis Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran

Pengertian rancangan penelitian adalah rancangan kegiatan ilmiah guna mempelajari atau mencari penyelesaian masalah yang ada disekitar. Di artikel ini admin akan mengulas pengertian penelitian menurut para ahli. Berikut arti penelitian menurut ahli:

1. Kerlinger (1986: 17-18)

Menurut ilmuan asal Amerika Serikat ini, “penelitian merupakan investigasi yang sistematis, terkontrol, empiris dan kritis dari hubungan tertentu tentang proposisihipotesis antarfenomena.”

Baca Juga: Langkah Langkah Metode Ilmiah untuk Biologi

2. Parson (1902-1979)

Parson merupakan ilmuan yang berasal dari Colorado, Amerika Serikat. Menurutnya, “penelitian merupakan mencari segala sesuatu yang dilakukan secara sistematis, dengan penekanan bahwa pencarian dilakukan pada masalah yang dapat diselesaikan dengan penelitian.”

3. Donald Ary

Menuru Donald Ary, “penelitian ialah sebuah penerapan dalam pendekatan ilmiah untuk masalah pertimbangan dalam memperoleh informasi yang berguna dan hasil yang dapat dipertanggungjawabkan.”

4. Soetrisno Hadi

Menurut Soetrisno, ‘penelitian adalah usaha untuk menemukan apa pun untuk mengisi kekosongan atau cacat, menggali lebih dalam apa yang sudah ada, mengembangkan dan memperluas, dan menguji kebenaran dari apa yang sudah ada, tapi masih diragukan.”

5. Soerjono Soekanto

Definisi penelitian terakhir diungkapkan oleh Soerjono. Beliau mengungkapkan bahwa “penelitian merupakan kegiatan ilmiah yang didasarkan pada analisis dan konstruksi yang dilakukan dengan sistematis, metodologis dan konsisten dan untuk mengungkapkan kebenaran sebagai salah satu manifestasi dari suatu keinginan manusia untuk dapat mengetahui apa yang di hadapi.”

5 ilmuan diatas sama sama menjelaskan definisi penelitian. Lalu apa definisi rancangan penelitian? Jika pendapat tadi dirangkum menjadi satu, maka dapat disimpulkan bahwa definisi rancangan penelitian adalah upaya konstruksi penulisan dari kegiatan ilmiah untuk mempelajari dan menyelesaikan suatu permasalahan.

Setelah membahas pengertian dan definisi, mari melanjutkan pembahasan ke contoh rancangan metode penelitian ilmiah.

Pengertian rancangan penelitian adalah upaya konstruksi penulisan dari kegiatan ilmiah untuk mempelajari dan menyelesaikan suatu permasalahan

 

Contoh Rancangan Penelitian Ilmiah

Contoh Rancangan Penelitian Ilmiah

Contoh Rancangan Penelitian Ilmiah

Contoh rancangan penelitian ilmiah tentu sangat banyak. Kali ini, admin akan menyertakan link download untuk melampirkan contoh metode ilmiahnya. Nah, berikut ada beberapa rujukan mengenai rancangan penelitian ilmiah. Silahkan di download contoh membuat rancangan penelitian ini.

Nah, untuk contoh rancangan penelitian kualitatif dan lainnya dengan judul berbeda, akan segera admin publikasikan. Karenanya, stay tune di website BelajarIPA. Lanjut ke bahasan berikutnya yah, yaitu manfaat rancangan penelitian.

Baca Juga: Cabang Cabang Ilmu Biologi

 

Manfaat Rancangan Penelitian

Apa manfaat rancangan penelitian ilmiah? Mengapa peneliti harus susah susah membuat rancangan terlebih dahulu? Jawabannya simpel kok, agar penelitian bisa dijalankan sesuai prosedur, juga dapat terdokumentasi dengan benar. Tanpa ada rancangan yang baku, maka sebuah karya ilmiah akan sulit diwujudkan.

Sederhananya, rancangan penelitian merupakan dasar dan pondasi dari kegiatan apa yang dilakukan selama penelitian. Karenanya, rancangan ini sangat penting bagi peneliti. Berikut admin sertakan beberapa manfaat rancangan penelitian:

1. Menggambarkan Tujuan Utama Penelitian

Dalam rancangan penelitian, pembuat tentu akan menjabarkan mengenai tujuan utama penelitian tersebut dilakukan. Baik mempelajari masalah maupun menyelesaikan masalah dengan menawarkan solusi tertentu, juga sama sama menjabarkan secara rinci mengenai penelitian. Dengan adanya gambaran ini, maka peneliti akan terfokus terhadap tujuan tersebut, agar bisa terpusat pada objek sasaran.

2. Memberikan Gambaran Kesulitan Penelitian

Rancangan suatu penelitian akan memaparkan kesulitan yang mungkin akan didapatkan oleh peneliti. Dengan rancangan ini, maka peneliti dapat membuat skema yang tepat untuk mengatasi kesulitan tersebut. Selain itu, dengan memahami kesulitan yang akan didapatkan, maka peneliti juga bisa menentukan sikap selama penelitan secara lebih dini. Rancangan penelitian adalah struktur dan strategi dari penelitian yang berfungsi sebagai jawaban dari masalah yang akan dihadapi.

Itulah manfaat rancangan penelitian dibutuhkan, sekarang kita lanjut ke materi jenis rancangan penelitian.

Baca Juga: Struktur Organisasi Kehidupan

 

Jenis Rancangan Penelitian

Jenis Rancangan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran

Jenis Rancangan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran

Jenis rancangan penelitian adalah materi penting bagi peneliti untuk menentukan metode apa yang akan digunakan dalam memperoleh sebuah data penelitian. Mengacu pada buku yang ditulis oleh Crosswell (2009) maka disana dijelaskan, bahwa rancangan penelitian dibagi menjadi 3, yaitu rancangan penelitian kuantitatif, rancangan penelitian kualitatif, serta rancangan penelitian campuran.

1. Rancangan Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif adalah metode penelitian hubungan antar variabel digunakan untuk menguji teori tertentu. Variabel tersebut harus dapat diukur, serta hasil yang didapat biasanya berupa nilai angka. Selanjutnya peneliti menganalisis data menggunakan prosedur statistik. Karenanya, penelitian kuantitatif merupakan penelitian terstruktur. Dimana strukturnya berupa :

  • Pendahuluan,
  • Tinjauan pustaka,
  • Landasan teori,
  • Metode penelitian,
  • Hasil penelitian, dan
  • Pembahasan.

Penerapan penelitian kualitatif banyak ditemukan pada makalah rancangan percobaan di dalam laboratorium, maupun pembuatan alat untuk penanganan masalah.

2. Rancangan Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berfungsi untuk mempermudah memahami masalah sosial atau kemanusiaan. Di dalam penelitian kualitatif ini, peneliti selalu melakukan kegiatan aktif dengan mengajukan pertanyaan, prosedur dalam penelitian, pengumpulan data spesifik yang berasal dari para partisipan, juga analisis data secara induktif. Adapun bentuk laporan akhir yang dihasilkan oleh penelitian kualitatif memiliki struktur yang fleksibel. Hal ini dapat terjadi karena peneliti mempunya cara pandang tersendiri selama penelitian berlangsung. Penerapan penelitian kualitatif banyak ditemukan pada makalah rancangan penelitian sosial.

3. Penelitian Campuran

Jenis rancangan penelitian yang berikutnya yaitu penelitian gabungan. Pada rancangan ini, peneliti menggunakan kedua jenis sebelumnya yaitu kuantitatif dan kualitatif. Rancangan penelitian campuran adalah bentuk kombinasi kualitatif dan kuantitatif yang melibatkan pendapat filosofis dengan pendekatan yang berbeda. Pada jenis ini, dilakukan pengumpulan data, juga penelitian kolektif.

Terdapat 3 Jenis Rancangan Penelitian, yaitu Kuantitatif, Kualitatif, serta Campuran

Rancangan Penelitian: Pengertian, Contoh, Manfaat, serta Jenis Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran admin cukupkan sampai disini, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.