Pengertian Protista Singkat: Ciri, Alat Gerak, dan Definisi Protista

Pengertian Protista Singkat: Ciri, Alat Gerak, dan Definisi Protista akan admin bahas kali ini. Protista merupakan makhluk hidup unik, yang sempat digolongkan sendiri dalam sebuah kingdom. Protista bukanlah hewan, tumbuhan, ataupun jamur, makhluk hidup ini digolongkan pada kingdom protista. Definisi protista secara umum adalah makhluk hidup eukariotik tertua dan paling sederhana. Walaupun saat ini protista tidak lagi digolongkan pada kingdom tersendiri, penggunaannya masih digunakan dalam ilmu ekologi dan morfologi. Protista juga dikenal sebagai organisme eukariotik bersel tunggal yang dapat hidup secara berkoloni maupun mandiri.

 

Mengenal Protista

Pengertian Protista Singkat Ciri, Alat Gerak, dan Definisi Protista

Pengertian Protista Singkat Ciri, Alat Gerak, dan Definisi Protista

Pengertian Protista

Definisi protista adalah organisme eukariotik paling sederhana dan tertua di dunia. Adapun pengertian protista secara harfiah ialah diambil dari 2 kata bahasa Yunani, yaitu “protos” yaitu pertama dan “zoa” yaitu hewan. Artinya, protista adalah makhluk hidup eukariot yang pertama. Organisme yang memiliki membran inti sel sebagai pemisah antara inti dengan organel lain ini telah ditemukan. Fosil tersebut diperkirakan telah berusia sekitar 2.1 milyar tahun yang lalu. Protista sendiri banyak ditemukan di hampir seluruh perairan dunia.

Protista adalah organisme eukariot yang paling tua

Sesuai klasifikasi lima kingdom yang dicetuskan oleh Whittaker, protista merupakan organisme yang berdiri sendiri dalam sebuah kingdom. Pembahasan kelompok protista secara mandiri ini dicetuskan karena protista berbeda dengan hewan, tumbuhan, maupun jamur.

 

Ciri Ciri Protista

Berikut karakteristik protista yang telah admin rangkum dari buku biologi kelas 10 materi ciri umum protista dan peranan protista.

  1. Uniseluler (hanya memiliki satu sel). Ciri kingdom protista pertama yaitu hanya mempunya sebuah sel.
  2. Umumnya memiliki alat gerak flagella atau silia (bulu halus sebagai alat gerak protista seperti pada alat geraek amoeba).
  3. Protista protozoa Biasa hidup di perairan (beberapa hidup di darat).
  4. Dapat bersifat autotrof, ataupun heterotrof.
  5. Dapat bersifat aerob ataupun anaerob (hidup tanpa oksigen).
  6. Dapat berreproduksi dengan aseksual maupun seksual.

Klasifikasi Protista

Klasifikasi Protista Tradisional

Secara tradisional, klasifikasi protista dibagi menjadi 3 kelompok protista. Berikut contoh kingdom protista yang dimaksud:

  • Protista Mirip Hewan,
  • Protista Mirip Tumbuhan,
  • Protista Mirip Jamur.

Baca Juga: 35+ Nama Bakteri yang Merugikan

Untuk bahasan pengertian kingdom protista, pengertian protista mirip hewan, pengertian protista mirip tumbuhan,
pengertian protista mirip jamur, pengertian protozoa, pengertian protista mirip hewan, serta pengertian monera dan protista akan admin bahas di lain kesempatan.

Sekian artikel Pengertian Protista Singkat: Ciri, Alat Gerak, dan Definisi Protista yang admin berikan, semoga bermanfaat yah. Jika ada pertanyaan, silahkan meninggalkan komentar di bawah yah. Jangan lupa untuk like, dan share artikel bermanfaat ini.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.