Pengertian Plagiarisme dan Cara Cek Plagiat serta Aplikasi Pendeteksinya

BelajarIPA.net – Hai pembaca BelajarIPA.net.com yang budiman, kali ini kita akan membahas hal yang penting dalam dunia pendidikan yaitu Plagiarisme atau yang sering dikenal dengan plagiat. Kasus plagiarisme yang paling dekat dengan kita sendiri ialah saat belajar. Terkadang tanpa kita sadari seorang guru sudah mengajari anak didiknya untuk melakukan tindakan plagiarisme atau plagiat ini. Hayoo jujur mungkin anda salah satunya ya :-). Guru saat ini sering memberikan tugas dengan memberi perintah mencarinya tugas tersebut di internet tanpa memberikan arahan bagaimana cara menuliskannya kembali apa yang mereka dapatkan dengan bahasa mereka sendiri. Siswa secara umum hanya menyalin seluruh teks atau meng-copy paste dan parahnya lagi tanpa menyertakan sumber yang mereka dapatkan. Tindakkan ini sudah dikatakan melakukan plagiat atau plagiarisme. Tindakkan plagiat ini tidak hanya ditemukan dikalangan siswa dan mahasiswa, ada banyak kasus, seorang dosen yang merupakan akademisi pun tidak lepas dari kasus plagiarisme. Apa sih sebenarnya pengertian plagiarisme itu sendiri? Apa itu plagiarisme ? Perhatikan pembahasan dibawah ini ya.

Pengertian Plagiarisme dan Cara Cek Plagiat Beserta Aplikasi Pendeteksinya
Pengertian Plagiarisme dan Cara Cek Plagiat Beserta Aplikasi Pendeteksinya

Pengertian Plagiarisme

Plagiarisme adalah penjiplakan yang melanggar hak cipta sesuai yang tertulis pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Pemerintah Indonesia sendiri sudah menjelaskan pengertian plagiarisme dan arti plagiarisme yang dituangkan dalam permendiknas no 17 tahun 2010 (hal 2) tentang definisi plagiarisme sebagai:

Plagiat adalah perbuatan sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan/atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebgai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai. (Hlm 2)

Bahkan lebih ekstrim lagi (Plagiarims.org) menyatakan bahwa tindakan plagiat ini disamakan dengan tindakan penipuan. Isu plagiarism sudah menjadi topik hanyak di dunia pendidikan di berbagai negara termasuk Indonesia. Hal ini karena masih banyak ditemukan hasil karya para akademisi yang ternyata hasil dari mengambil karya orang lain, tak terkecuali kasus plagiarisme mahasiswa  tingkat sarjana serta doktoral yang baru baru ini tengah viral di internet. Oleh karena itu, kita mulai dari diri sendiri untuk lebih menghargai karya orang lain. Belajar dalam menulis dan cantumkan sitasi yang kita kutip.

Jenis-jenis Plagiarisme (Plagiat)

 Banyak sekali jenis-jenis plagiat, menurut webber-wulff (2014) tindakan plagiat terdiri dari :

  1. Copy and paste. Plagiat jenis ini sangat populer dikalangan akademisi. Tindakan ini menyalin seluruh karya orang lain tanpa mengutip dengan teknik pengutipan yang benar
  2. Penerjemahan. Banyak mahasiswa ketika diberi tugas atau mengerjakan tugas akhir menuliskan hasil penerjemahan bahasa asing ke bahasa Indonesia.
  3. Plagiat terselubung. Jenis plagiat ini dilakukan dengan mengganti kata, frase, atau menghapus sebagian kata tanpa mengubah konstruksi teks aslinya

Dan masih banyak lagi jenis dari tindakan plagiat itu. Terus bagaimana caranya agar kita tahu bahwa hasil karya kita bebas dari plagiarisme? Saya memiliki pengalaman ketika akan sidang 2 tugas akhir saya di Universitas Pendidikan Indonesia, Kepala Prodi saya mengharuskan saya untuk memeriksa plagiarisme dari tesis yang saya kerjakan. Saya pun meminta pegawai perpus untuk melihat keunikan dari tulisan saya. Sebenarnya banyak sekali tools yang bisa anda gunakan untuk mengecek tulisan apakah plagiat atau tidak, berikut ini saya cantumkan tools online yang dapat anda gunakan untuk mengecek tulisan atau karya anda. Berikut cara cek plagiarisme menggunakan aplikasi pendeteksi plagiarisme yang bertebaran di internet.

Cara Cek Plagiat Beserta Aplikasi Pendeteksi Plagiarisme
Cara Cek Plagiat Beserta Aplikasi Pendeteksi Plagiarisme

Aplikasi Pendeteksi Plagiarisme secara Online

  1. Turnitin

Aplikasi plagiarisme pertama yang akan admin ulas yaitu Turnitin. Apa itu Turnitin ? Turnitin ialah perangkat yang digunakan oleh kampus almamater saya untuk mendeteksi kecurangan berupa aktifitas plagiat dikalangan mahasiswa. Jika kampus anda bernaung mengunakan jasa ini, anda bisa meminta kepada pihak kampus untuk mengecekkan karya ilmiah anda, atau anda juga bisa membuat akun pada laman tersebut.

Tertarik dengan Turnitin ? Jika iya, bisa langsung mendaftar di link web resmi turnitin yah, jangan khawatir, gratis kok.

  1. SmallSEOTools.com

Aplikasi kedua yaitu SmallSEOTools, aplikasi web based ini sebenarnya digunakan untuk mengukur tingkat SEO (Search Engine Optimation), akan tetapi web ini juga menyediakan fitur cek plagiarisme, yaitu Plagiarism Cheacker. Silahkan masuk ke halaman smallseotols.com, setelah itu, anda copy tulisan yang akan anda cek, masukan security code dan enter Check Plagiarism. Maka anda akan menemukan keunikan tulisan yang anda cek. Jika persentasi Uniqe anda lebih dari 90% maka anda lolos dari tindakan plagiat. Jika dibawah 85% maka anda harus mengecek dan memperbaiki tulisan anda.

Jika teman teman tidak ingin repot mendaftar, mungkin SmallSEOTools merupakan alternatif yang dapat teman teman gunakan, berikut web resmi SmallSEOTools.

  1. CopyScape.com

Tools  ini serupa dengan smallseotool.com, anda dapat mengecek suatu teks apakah teks yang anda cek ada yang menyerupai atau tidak atau sudah pernah di tulis orang lain belum.

Kelebihan dari CopyScape ialah fiturnya yang lengkap, dimana pencarian teks plagiat dilakukan secara cepat dan terpercaya. Selain itu, CopyScape mengklaim Best Plagiarism Checker untuk websitenya. Namun, copyscape merupakan situs berbayar dengan harga yang tidak murah, atau sekitar 5 sen per kata yang dicari, jika sebuah artikel memiliki 5.000 kata, bukan hal yang murah iya kan ?. Bagaimana ? Tertarik menggunakan fasilitas dari CopyScape.com ? Jika iya, silahkan kunjungi situsnya di laman CopyScape.

Cara Cek Plagiarisme

Dan masih banyak lagi software online yang bisa anda gunakan untuk mengecek tulisan anda apakah lolos dari tindakan plagiat atau tidak. Nah, setelah membahas aplikasi cek plagiat atau plagiat cheacker tersebut, mari mengulas bagaimana tips dan saran agar tulisan bebas dari tindakan plagiat. Berikut ulasannya.

Aplikasi Pendeteksi Plagiat
Aplikasi Pendeteksi Plagiat

Tips Agar Terhundar dari dari Plagiat

Berikut ini beberapa saran dan tips saya supaya terhindar dari tindakan plagiat

  1. Baca kalimat yang akan anda kutip yang merupakan hasil karya orang lain dengan seksama
  2. Tuliskan ide tentang paragraf tersebut
  3. kemudian tuliskan ide paragraf yang akan anda kutip dengan bahasa dan gaya anda sendiri
  4. Jangan lupa cantumkan sumber rujukkan anda pada halaman daftar pustaka

Demikanlah pembahasan sederhana tentang bagaiman cara mengecek plagiarisme hasil karya ilmiah kita, semoga bermanfaat.

Sumber Rujukan

  1. Webber-Wulff, D. (2014). False feathers: A perspective on academic plagiarism. Heidelberg: Springer
  2. Peraturan menteri pendidikan nasional no 17 tahun 2010 tentang pencegahan dan penanggulangan plagiat di perguruan tinggi.
  3. http://www.plagiarism.org/plagiarism-101/what-is-plagiarism  diakses pada 1 Oktober 2017