Metode Pengurangan Vektor Beserta Penjelasan Lengkapnya

BelajarIPA.net – Hai sahabat BelajarIPA, bagaimana kabarnya anda? Kali ini kita akan belajar tentang bagaimana cara atau metode pengurangan vektor? Namun sebelum itu, sudahkan anda mengetahui bagaimana caranya melakukan metode penjumlahan vektor? Jika sudah, silahkan simak pembahasannya berikut ini. Bagaimana sudah membaca bagian diatas bukan? Ok sudah pahamkan bagaimana cara menjumlahkan dua vektor atau lebih? Lalu bagaimana cara mengurangkan dua vemtor atau lebih? Pada dasarnya hampir sama dengan penambahan vektor untuk konsepnya. Jika anda sudah paham tentang penjumlahan vektor, maka untuk pengurangan vektor pasti tidak mengalami kesulitan. Vektor fisika tak jauh berbeda dengan vektor matematika, dimana materi vektor matematika juga sama mudahnya dengan apa yang akan kita bahas kali ini.

Pada artikel kali ini, admin belum membahas perkalian vektor, pembagian vektor, penjumlahan vektor, ataupun penguraian vektor, melainkan admin akan menjeaskan mengenai penguangan vektor.

Baca Juga : Contoh Besaran Skalar dan Contoh Besaran Vektor

Pengurangan Vektor Menggunakan Metode Grafis

Seperti pada penjumlahan vektor, suatu vektor bisa dikurangkan dengan vektor lain. Pengurangan suatu besaran vektor dengan vektor B sama dengan penjumlahan vektor dengan negatif vektor (atau-B ). Paham? ok, kalau belum coba anda ingat dahulu apa vektor itu? Suatu vektor dapat dipindahkan, namun besar dan arahnya disesuaikan. Perhatikkan pada gambar, Terdapat vektor yang arahnya anda perhatikan. Vektor B tersebut dapat di balik (berlawanan dengan arah yang awal) namun harus disertai tanda minus (-) yang menandakan berlawanan dengan arah pertamanya.

Maka, jika vektor A dikurang vektor B akan sama dengan Penjumlahan vektor A dengan vektor –B. Perhatikan gambar di atas. Setelah anda memahaminya, maka lakukan cara atau langkah seperti pada penjumlahan vektor. Letakkan ujung vektor A pada pangkal vektor -B. Kemudian tarik garis dari pangkal vektor A sampai kepada ujung vektor -B. Garis ini adalah hasil pengurangan Vektor A dan B.

Pengurangan vektor pada dasarnya sama dengan penjumlahan vektor negatif. Pengurangan vektor pada Gambar dilakukan dengan cara membuat vektor -B (vektor yang besarnya sama dengan vektor , sejajar, tetapi arahnya berlawanan). Suatu vektor  A dikurangi dengan vektor B dan hasilnya vektor R yaitu:

R = A- B = A + (-B)

Metode Pengurangan Vektor
Metode Pengurangan Vektor

Mudah bukan tentang pengurangan vektor menggunakan metode grafis ? Ok coba anda lakukan kegiatan dibawah ini untuk memastikan anda memahami pembahasan kita tentang penjumlahan dan pengurangan vektor. Tentukan R= A + B – C – D (coba perhatikkan gambar). Jika anda sudah mencobanya, cek jawaban anda pada bagian belakang pembahasan kita kali ini.

Pengurangan Vektor dengan Metode Jajar Genjang

Pengurangan vektor A dengan vektor B dengan metode jajar genjang yaitu sama dengan penjumlahan vektor A dengan vektor -B . Penjumlahan dua buah vektor dan dengan metode jajar genjang yaitu dengan cara menyatukan pangkal kedua vektor dan -B , selanjutnya dari titik ujung vektor ditarik garis sejajar dengan vektor B dan juga dari titik ujung vektor A ditarik garis sejajar dengan vektor B. Vektor resultan atau resultan vektor dapat diperoleh dengan menghubungkan titik pangkal ke titik perpotongan kedua garis sejajar tersebut di atas.

Untuk contoh soal vektor satuan, akan segera admin bahas yah, stay tune saja di BelajarIPA.net.

Demikianlah penjelasan singkat dan sederhana tentang metode pengurangan vektor dengan menggunakan metode grafis dan metode jajargenjang dalam mengurangkan dua vektor atau lebih. Oia yang terakhir adalah jawaban dari soal diatas ya, coba cek jawaban anda. Jangan lupa bagikan kepada sahabat anda yang lainnya sehingga mereka pun belajar bersama-sama dengan kita. Salam Sukses

Sumber Rujukan Metode Pengurangan Vektor

Karyono et al. (2009). Fisika 1. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

https://en.wikipedia.org/wiki/Physics, diakses pada 1 November 2017