Cara Membuat Akun Google Scholar untuk Jurnal Indonesia

BelajarIPA.net – Hallo para pembaca yang budiman, bagaimana kabarnya hari ini? Puji Syukur kita ucapkan kepada Sang Pencipta karena kita terus diberikan berkat setiap hari. Membaca judul posting kali ini, pasti dalam benak para sahabat berkata, “Saya sepertinya pernah membaca dengan judul seperti ini ya?” Jika anda mahasiswa tingkat akhir, maka cara membuat akun Google Scholar untuk jurnal indonesia adalah hal penting untuk dijadikan sahabat yang selalu menemani anda ketika mengerjakan skripsi, tesis atau tugas kuliah. Google scholar sendiri merupakan website jurnal internasional dimana banyak penulis yang mengunggah karyanya di sana. Karenanya apabila teman teman ingin menulis makalah ataupun karya ilmiah, dapat melihat banyak referensi disana secara gratis, nah itu sebabnya teman teman harus tau cara mencari jurnal internasional yang tepat.

Teringat sewaktu saya mengerjakan skripsi saya yaitu tentang pengembangan alat peraga di Universitas Lampung, sumber rujukkan saya sebagian besar dari buku. Boleh dikatakan tidak ditemukan rujukan dari hasil penelitian terbaru yang terdapat pada jurnal-jurnal yang terakreditasi. Hasil penelitian yang menjadi rujukkan dalam skripsi saya hanya berdasarkan hasil penelitian skripsi kakak tingkat. Wah jika mengenang masa itu, sangat menyadari bahwa tulisan saya masih jauh dan bisa dikatakan jelek. Tapi Puji Tuhan akhirnya saya lulus juga hehehe.

Pada kesempatan ini, saya akan mencoba membagikannya kepada para pembaca ayobelajarsains.com tentang sahabat saya yang selalu membantu saya dalam memberikan informasi dan refrensi ilmiah yaitu Google Scholar. Google Scholar  adalah salah satu alamat Situs  yang dapat mendukung penelitian anda atau tugas yang sedang anda kerjakan. Situs ini sangat membantu saya dalam pengerjaan tugas akhir.

Mesin pencari terbesar di dunia ini, telah menyediakan suatu laman yang dapat digunakan untuk  memungkinkan pengguna malakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi (Susrini, 2009). Google Scholar juga dikenal dengan istilah Google Cendekia. Google Scholar diluncurkan ke publik pada tahun 2004 telah mengindeks jurnal-jurnal online dari publikasi ilmiah yang merupakan hasil analisis dan hasil penelitian baik dari Indonesia hingga dari jurnal internasional.

Bagaimana cara menggunakan Google Scholar?

Menggunakan Google Scholar sangat mudah, anda hanya mengetikkan saja istilah yang akan anda cari. Kemudian anda akan menemukan sejumlah hasil. Sebagai contoh saya ingin mencari artikel tentang nature of science maka saya ketik pada kolom Google Scholar ” nature of science” maka akan dihasilkan berikut ini:

Cara Membuat Akun Google Scholar untuk Jurnal

Anda bisa melihat pada gambar di atas, hasil pencarian dari kata nature of science pada mesin pencari Google Scholar. Anda juga bisa mencari artikel berdasarkan tanggal diterbitkan atau dengan artikel yang relevan. Ini sangat membantu sekali buat anda yang sedang kekurangan refrensi ilmiah untuk tugas akhir anda. Selain fungsi diatas, anda juga bisa menemukan keistimewan yang lain di Google Scholar ini. Salah satunya adalah Profile Google Scholar.

Cara Membuat Akun Google Scholar

Cara Membuat Akun Google Scholar untuk Jurnal Indonesia

Profile Google Scholar adalah sebuah fitur yang menarik bagi para akademisi, peneliti atau seseorang yang suka menulis wajib memiliki Profile pada Google Scholar. Fungsi dari fitur ini adalah salah satunya untuk meningkatkan indeks sitasi publikasi peneliti. Fungsi fitur dari Google Scholar adalah mengumpulkan artikel ilmiah yang pernah anda dibuat dan dipublikasikan secara online oleh beberapa sumber (repository universitas, jurnal ilmiah atau yang lainnya), membuatkan laman profil penulis atau peneliti, dan menginformasikan jumlah sitasi per artikel selama kurun waktu tertentu. Jadi secara sederhananya, jika anda seorang peneliti atau penulis, hasil tulisan anda yang menjadi rujukan peneliti atau penulis yang lain akan terekam dalam profile di Google Scholar. Anda dapat melihat jumlah sitasi atau yang merujuk kepada hasil tulisan anda. Wah sangat membanggakan sekali jika hasil karya kita menjadi rujukan penulis yang lain.

Bagaimana cara membuat Profile Google Scholar?

Cara membuat profile pada Google Scholar adalah sangat mudah. Pembuatan google scholar jurnal pdf memiliki syarat utama yaitu kamu harus sudah membuat akun gmail. Jangan lupa, anda juga harus cek kuota internet anda ya, sebelum meluncur ke Google Scholar hehehe. Berikut ini tahapan dalam membuat profile Google Scholar:

  1. Buat akun gmail
  2. Login dengan masuk akun google mail
  3. Buka alamat http://scholar.google.com atau http://scholar.google.co.id/. Atau dapat mencari di google.com dengan keyword “schoolar google”
  4. Klik link “My Citation” atau “Kutipan Saya” (jika di http://scholar.google.co.id) di kanan atas atau kanan bawah
  5. Ikuti 3 langkah pada halaman tersebut
  6. Edit data bila perlu (foto, affiliation dll.), kemudian klik “Make Public” agar bisa dilihat oleh orang lain.

Jika anda seorang penulis dan akademisi harus memiliki profile pada Google Scholar. Ini merupakan salah satu cara untuk melihat bagaimana karya anda bermanfaat bagi masyarakat. Oiya, saya juga pernah iseng loh, ingin mengetahui bagaimana kontribusi para akademisi, profesor atau guru besar dibidang pendidikan. Saya ingin mengetahui seberapa banyak hasil karya dari guru besar tersebut yang di publikasikan online, dan hasil yang saya dapatkan tidak mengejutkan tidak banyak yang saya temukan. Jika anda juga ingin mengetahui hasil karya seseorang yang sudah dipublikasikan secara online, masuk saja ke website milik google cendekia  Scholar.google.co.id dan ketikkan nama orang tersebut :-).

Ayo coba cek hasil karya saya yang sudah dipublikasikan secara online, ketikan saja nama saya yulius lumban tobing pada laman Google Scholar ya, jika anda sudah menemukan jangan lupa kasih tahu saya ya :-).

Demikian ulasan singkat saya tentang cara Membuat Profile Google Scholar. Apakah anda sudah mempunyai Profile Google Scholar? Kalo saya sudah, Anda? Ayo segera buat….

Sumber Rujukan:

  1. Susrini, N. K. (2009). Google. B First. p. 113. ISBN 978-979-24-3840-6.
  2. Monitaolivia. (2014). Fitur ‘Google Scholar Citations’. Palembang. Unri

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.