Kegunaan Hidrokarbon Bagi Kehidupan Manusia

Kegunaan hidrokarbon (alkana, alkena dan alkuna) dalam kehidupan sehari – hari sangat bermanfaat bagi kita semua. Yaa pada kali ini admin akan membahas kimia tentang kegunaan hidrokarbon dalam kehidupan sehari – hari dan contoh alkana alkena alkuna dalam kehidupan sehari-hari, sebelumnya apakah kalian sudah tau apa itu alkana, alkena dan alkuna ? jika belum yuk baca materi alkena pada link berikut :

Baca Juga : Alkena dan Alkuna Alkil Beserta Rumus Umum

Berikut cuplikan rumus molekul dan nama alkana atom C1 hingga C10 :

Jumlah Atom CRumus MolekulNama
1CH4Metana
2C2H6Etana
3C3H8Propana
4C4H10Butana
5C5H12Pentana
6C6H14Heksana
7C7H16Heptana
8C8H18Oktana
9C9H20Nonana
10C10H22Dekana

Kegunaan Hidrokarbon Bagi Kehidupan Manusia

Kegunaan hidrokarbon bagi kehidupan manusia, seperti pada pembahasan di awal bahwa hidrokarbon merupakan senyawa karbon yang hanya tersusun atas unsur karbon dan unsur hidrogen dan dikelompokkan dalam dua golongan, yaitu hidrokarbon alifatik yang mencakup alkana, alkena, dan alkuna dan hidrokarbon aromatik yang mencakup benzena dan senyawa turunannya (Carey, F., 2001: 53). Rangkuman materi hidrokarbon. Semua bahan bakar fosil (batu bara, minyak bumi, dan gas) merupakan sumber utama hidrokarbon (Olah, George A and ´Arp´ad Moln´ar, 2003 : 3).

Hidrokarbon (minyak dan gas) mayoritas digunakan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan energi dan untuk memanaskan ruangan. Penyulingan minyak bumi menghasilkan bensin, bahan bakar diesel, minyak pemanasan, minyak pelumas, lilin, dan aspal. Relatif kecil (4%) penggunaan minyak bumi untuk bahan baku industri kimia yang menghasilkan bahan-bahan penting untuk kehidupan sehari – hari. Dampak hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari, seperti plastik, tekstil, dan farmasi (Olah and ´Arp´ad Moln´ar, 2003 : 23). Penjelasan lebih lengkap tentang minyak bumi dan senyawa-senyawa yang dihasilkannya lewat distilasi fraksinasi akan dibahas pada bab Minyak bumi dan gas alam. Hidrokarbon rantai tak jenuh mempunyai kegunaan penting sebagai bahan dasar industri kimia dan polimer (Olah, George A and ´Arp´ad Moln´ar, 2003 : 43).

Contoh alkuna, hidrokarbon mempunyai turunan senyawa yang sangat banyak sekali, dan boleh dikatakan semua senyawa karbon atau senyawa organik merupakan senyawa turunan hidrokarbon karena unsur utama penyusunnya adalah hidrogen dan karbon. Senyawa turunan hidrokarbon mempunyai kegunaan yang sangat banyak dan mencakup semua bidang kehidupan. Adapun beberapa penggunaan dari senyawasenyawa turunan hidrokarbon, antara lain sebagai berikut.

Kegunaan Hidrokarbon dalam Bidang Kesehatan

Kegunaan hidrokarbon dalam bidang kesehatan sangat banyak telah dilakukan. Senyawa – senyawa seperti alkana, alkuna dan alkena telah banyak berperan pada bidang kesehatan ini. Dan telah banyak membantu untuk proses penyembuhan seperti terapi, dan obat – obatan yang diciptakan dari senyawa tersebut. Seperti contoh :

  • Obat pusing
  • Obat mabuk perjalanan
  • Terapi
  • Dan masih banyak yang lainnya

Dampak negatif ilmu kimia dalam bidang kesehatan pun banyak terjadi. Pemakaian yang terlalu berlebihan akan menyebabkan kematian. Maka dari itu dari kita manusia harus berhati – hati dan pintar – pintar dalam menentukan dosis yang diberikan.

Kegunaan Hidrokarbon dalam Bidang Pangan

Kegunaan hidrokarbon dalam bidang pangan, beberapa bahan kimia hanya terdiri dari karbon dan hidrogen (hidrokarbon). Hidrokarbon digunakan dalam industri, khususnya pada industri petroleum dan aspal cair. Energi kimia tersimpan dalam hidrokarbon, unsur-unsur penyusunnya adalah karbon dan hidrogen. Hidrokarbon memperoleh energi dari matahari saat tumbuh-tumbuhan menggunakan sinar matahari selama proses fotosintesis untuk menghasilkan glukosa (makanan).

Contoh Kegunaan Hidrokarbon dalam Bidang Pangan

Kegunaan senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan yaitu Glukosa, karbohidrat yang paling sederhana mengalir dalam aliran darah sehingga tersedia bagi seluruh sel tubuh. Sel-sel tubuh tersebut menyerap glukosa. Gula ini kemudian dioksidasi (dibakar) dengan bantuan oksigen yang kita hirup menjadi energi dan gas CO2 dalam bentuk respirasi (pernapasan). Energi yang dihasilkan dan tidak digunakan akan disimpan di bawah jaringan kulit dalam bentuk lemak.

Reaksi pembakaran gula dalam tubuh:

C6H12O6 + 6 O2 —> Energi + 6 CO2 + 6 H2O

Kegunaan Hidrokarbon dalam Bidang Pangan

Kegunaan Hidrokarbon dalam Bidang Pangan

Bidang Sandang

Kegunaan senyawa hidrokarbon di bidang sandang yaitu Senyawa-senyawa turunan hi-drokarbon yang berperan di bidang pakaian, antara lain kapas.

Kegunaan hidrokarbon di bidang sandang wol (merupakan suatu protein), sutra (protein), nilon (polimer), dan serat sintetis.

Kegunaan Hidrokarbon dalam Bidang Sandang

Kegunaan Hidrokarbon dalam Bidang Sandang

Bidang Perdagangan

Minyak bumi adalah senyawa hidrokarbon yang menjadi komoditi perdagangan yang sangat penting bagi dunia. Karena minyak bumi merupakan salah satu sumber energi yang paling utama saat ini. Negara-negara di dunia penghasil minyak bumi membentuk organisasi antarnegara penghasil minyak bumi yang diberi nama OPEC (Organization of Petrolleum Exporting Country).

Hasil penyulingan minyak bumi banyak menghasilkan senyawa-senyawa hidrokarbon yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Seperti bensin, petroleum eter (minyak tanah), gas elpiji, minyak pelumas, lilin, dan aspal.

Bidang Papan

Kegunaan alkena dalam industri bisa digunakan untuk banyak bangunan. Pembangunan pun sebenarnya tidak luput dari yang namanya senyawa hidrokarbon. Namun banyak orang awam yang tidak mengetahui manfaat ini.

Hidrokarbon bidang papan, senyawa turunan hidrokarbon yang berperan, antara lain seperti :

  1. Selulosa
  2. Kayu
  3. Lignin.
  4. Polimer.

Kegunaan alkena dalam industri bisa digunakan untuk banyak bangunan

Bidang Seni dan Estetika

Di bidang seni sendiri, senyawa hidrokarbon yang sering dipakai sangat banyak sekali, antara lain lilin (wax) untuk melapisi suatu karya pahat agar terlihat lebih mengkilat. Bahkan ada juga seniman yang membuat patung dari lilin dengan cara memadatkan lilin di dalam ukuran besar lalu  dipahat dan diukir sesuai keinginan sang seniman. Contoh alkena, selain itu juga ada seni pewarnaan, baik pada kain maupun benda-benda lain yang menggunakan senyawa-senyawa kimia. Bahan-bahan yang dilapisi dengan lilin ini akan terlihat lebih menarik. Dan hal itu juga akan terhindar dari air karena air tidak dapat bereaksi dengan lilin karena perbedaan kepolaran.

Pada bidang seni, senyawa hidrokarbon digunakan untuk wax.

Cukup sekian artikel yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.