Hakikat Biologi Sebagai Ilmu Sains Menurut Para Ahli

Hakikat biologi sudah tak asing lagi di telinga kita, namun apa sih yang dimaksud dengan Hakikat Biologi sebagai ilmu pengetahuan? Untuk memahaminya mari kita selidiki makna dari kata tersebut. Hakikat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia versi daring memiliki dua pengertian yaitu intisari atau dasar dan kenyataan yang sebenarnya (sesungguhnya). Semua pengertian ini dapat digunakan dalam pemahaman hakikat saat ini. Biologi adalah ilmu tentang kehidupan. sehingga bisa di tarik kesimpulan hakikat biologi adalah dasar atau intisari tentang ilmu yang mempelajari kehidupan.

Hakikat Biologi Sebagai Ilmu Sains Menurut Para Ahli

Hakikat Biologi Sebagai Ilmu Sains Menurut Para Ahli

Apa sebenarnya tujuan dari mempelajari hakikat ilmu Biologi itu? Setelah mempelajari bagian ini, diharapkan kita memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi soal ruang lingkup Biologi, contoh ruang lingkup biologi, contoh biologi, apa saja yang termasuk ruang lingkup biologi serta memiliki kemampuan dalam mendeskripsikan objek dan permasalahan Biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma).

Hakikat Biologi Sebagai Ilmu Sains Menurut Para Ahli

Hakikat Biologi Sebagai Ilmu Sains Menurut Para Ahli

Perhatikanlah lingkungan di sekitar Anda saat ini berada. Apakah Anda sadar, sebenarnya saya dan anda tidak sendiri? Di sekitar tempat kita berada tentunya terdapat berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang dapat dilihat oleh mata kita secara telanjang. Namun, apakah anda mengetahui bahwa di sekitar kita pun terdapat mikroorganisme yang tak tampak oleh mata telanjang seperti virus dan bakteri? Semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini  mempunyai sejarah biologi dan saling terkait satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. Manusia untuk mempelajari begitu banyak dan kompleksnya kehidupan makhluk hidup, maka manusia memerlukan suatu ilmu tertentu untuk mempelajarinya. Yupp anda benar, bidang ilmu tersebut adalah Biologi.

Mari kita mulai dengan memelajari apasih pengertian dari Biologi itu sendiri.

Pengertian Biologi

Apakah Anda mengetahui definisi atau pengertian biologi ? Istilah Biologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “bios” yang berarti hidup dan “logos” yang berarti ilmu. Jadi pengertian biologi menurut para ahli adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan.

Bidang kajian apa saja yang disajikan dalam Biologi? Tentu saja bidang kajian dalam ilmu biologi sangatlah luas. Biologi berbicara tentang semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Namun tidak hanya itu saja biologi pun mengungkap hubungan di antara berbagai makhluk hidup serta makhluk hidup dengan benda mati disekitarnya.

Biologi Yaitu Ilmu Yang Mempelajari Tentang Kehidupan.

Apakah Biologi sesuai dengan Nature of Science atau Hakikat Ilmu?

Hakikat Biologi menurut para ahli, hakikat biologi menurut para ahli yaitu yang sesuai dengan sifat ilmu sains atau yang dikenal dengan Nature of Science. Ada kurang lebih delapan aspek dalam Nature of Science dan tentunya Biologi memilikinya. Salah satu contohnya, biologi memiliki ciri tentatif. Yang memiliki pengertian bahwa biologi akan terus berubah sesuai dengan perkembangan waktu seiring dengan ditemukannya ilmu dan teori baru. Mari kita berikan contoh para pembaca, bagaimana perkembangan terakhir dunia makhluk hidup ? Awalnya para ilmuwan Biologi menyimpulkan bahwa penyebab penyakit mosaik pada daun tembakau adalah bakteri yang berukuran sangat kecil. Akan tetapi, seiring kemajuan teknologi dan perkembangan waktu, ternyata penyebab dari penyakit mosaik pada daun tembakau tersebut adalah virus.

Perubahan yang terjadi pada Biologi tersebut dipengaruhi oleh penemuan baru, perkembangan ilmu lain yang terkait, atau perkembagan teknologi. Yang menyebabkan observasi dan penelitian yang dilakukan akan lebih akurat.

Ciri lain Biologi adalah berlaku universal. yupp anda benar, bahwa pengetahuan atau teori yang diungkapkan dalam Biologi berlaku untuk seluruh dunia. Massa iya sih? Ok mari kita beri contoh, pengetahuan tentang bakteri berlaku umum untuk semua bakteri yang ada di dunia. Pengetahuan tentang DNA dipelajari sama di seluruh dunia. Dapatkah Anda memberikan contoh yang lainnya? Tentu bisa dong…

Salah Satu Ciri Biologi Yaitu Berlaku Universal.

Apakah biologi memiliki metode atau cara dalam pemecahan suatu masalah? Yup benar sekali, seperti bidang sains pada umumnya Biologi juga memiliki cara kerja yang tersusun secara sistematis berdasarkan bukti dalam memecahkan suatu permasalahan. Pemecahannya tersebut dinamakan juga metode ilmiah. Di dalam metode ilmiah segala permasalahan dipecahkan secara sistematis. Bagaimana objek kajian yang ada pada tingkat bioma ? Para ilmuwan Biologi, menggunakan metode ilmiah untuk melakukan observasi suatu hipotesis (dugaan sementara) dalam usahanya menjelaskan suatu fenomena alam berdasarkan bukti di lapangan. Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang Metode Ilmiah? Yuk baca penjelasan singkatnya berikut ini:

Baca ” Metode Ilmiah dalam Memecahkan Permasalahan

Cabang – Cabang Ilmu Biologi

Berikut 10 cabang cabang ilmu biologi lengkap dengan pengertiannya :

  1. Aerobiologi : Ilmu biologi yang mempelajari partikel organik yang dapat diangkut oleh udara.
  2. Artrologi : Ilmu biologi yang mempelajari tentang sendi atau penyakit dalam sendi.
  3. Biologi lingkungan : Ilmu biologi yang mempelajari tentang lingkungan beserta permasalahan dan solusinya.
  4. Biofisika : Ilmu biologi yang mempelajari tentang aplikasi aneka perangkat dan hukum fisika untuk menjelaskan fenomena hayati atau biologi.
  5. Cetologi : Ilmu biolologi yang mempelajari tentang cetacean.
  6. Epigenetik : Ilmu biologi yang mempelajari tentang perubahan dalam ekspresi gen yang disebabkan oleh mekanisme selain perubahan dalam urutan DNA yang mendasarinya.
  7. Genetika : Ilmu biologi yang mempelajari tentang pembahasan transmisi bahan genetik pada ranah populasi.
  8. Holtikultura : Ilmu biologi yang mempelajari tentang budidaya tanaman dimulai dari proses penanaman sampai pasca panen.
  9. Ladistika : Ilmu biologi yang mempelajari tentang metode klasisfikasi ke dalam kelompok yang terdiri dari organisme nenek moyang beserta keturunannya.
  10. Perinatologi : Ilmu biologi yang mempelajari tentang kesehatan janin dalam kandungan serta kesehatan bayi yang baru lahir.

Cabang – Cabang Biologi

Berikut 5 cabang cabang biologi yang sering digunakan :

No.Cabang BiologiPengertiannya
1.AnatomiIlmu yang mempelajari tentang bagian-bagian struktur tubuh dalam makhluk hidup.
2.FisioterapiIlmu yang mempelajari tentang pengobatan terhadap penderita yang mengalami kelumpuhan atau gangguan otot.
3.MorfologiIlmu yang mempelajari tentang bentuk atau ciri luar organisme.
4.SitologiIlmu yang mempelajari tentang sel.
5.ZoologiIlmu yang mempelajari tentang hewan.

Ok… cukup panjang penjelasan admin yaa ternyata tentang Hakikat Ilmu Biologi, semoga bermanfaat ya jangan lupa bagikan kepada yang lainnya.

Rujukkan

  • Rikky et al. (2007). Mudah dan aktif belajar biologi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
  • http://kbbi.web.id/hakikat

[cite]

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.