Mengenal Ciri Ciri Fungi: Pengertian, Karakteristik, Manfaat, serta Peranan Menguntungkan dan Merugikan

Fungi adalah jenis organisme yang menarik dikaji. Karena keunikannya inilah, fungi atau yang akrab disebut dengan jamur bukan merupakan hewan maupun tumbuhan. Karenanya pada artikel kali ini, admin akan mengulas seputar ciri ciri fungi, pengertian fungi, karakteristik fungi, manfaat fungi, serta peranan menguntungkan dan merugikan.

 

Mengenal Fungi

Pengertian dan Definisi Fungi

Mengenal Ciri Ciri Fungi Pengertian, Karakteristik, Manfaat, serta Peranan Menguntungkan dan Merugikan

Mengenal Ciri Ciri Fungi Pengertian, Karakteristik, Manfaat, serta Peranan Menguntungkan dan Merugikan

Fungi adalah organisme yang mirip dengan tumbuhan, namun tidak berklorofil. Klorofil menyebabkan sebuah organisme dapat membuat makanan sendiri, seperti pada ciri ciri plantae misalnya. Perbedaan sifat fungi inilah, yang menyebabkan jamur tidak dimasukkan ke dalam filum plantae (tumbuhan). Jamur dapat tumbuh di sembarang tempat. Biasanya, jamur hidup di sekitar lingkungan organik untuk mempertahankan hidupnya (karena jamur bukan bersifat autotrof). Sebagian besar fungi, tergolong dalam jenis saprofit (memakan sisa sisa zat organik dari organisme lain), namun ada pula yang bersifat parasit.

Baca Juga: Ciri Protista Mirip Hewan

Bersama dengan bakteri, fungi merupakan organisme yang berperan langsung dalam penghancuran bahan bahan organik. Karenanya, fungi berperan penting bagi tanah, serta tumbuhan. Jika teman teman mengingat bahasan 2 hari lalu, mengenai karakteristik ganggang (algae), tentu teman teman akan menjumpai ciri alga yang bersifat talus. Nah, tahukah kalian bahwa fungi merupakan organisme talus?

Iya, selain Protista, adapula organisme yang bersifat talus, yaitu fungi ini. Apakah talus itu? Talus (thallophyta) adalah jenis organisme yang tidak dapat dibedakan antara daun, batang maupun akarnya.

Baiklah, itu saja definisi fungi menurut admin. Sebenarnya ada juga pengertian fungi menurut para ahli, namun pada pembahasan kali ini, belum akan admin jelaskan secara detail, tunggu episode berikutnya yah.

Baca Juga: Ciri Umum Protista Mirip Tumbuhan

 

Ciri Ciri Fungi

Ciri Ciri Fungi secara Umum

Karakteristik fungi terdiri dari banyak poin, namun di artikel ini, akan admin sebutkan 4 ciri ciri umum fungi saja. Simak ciri ciri kingdom fungi berikut ini yah.

  1. Fungi tidak memiliki klorofil.
  2. Fungi tidak dapat menghasilkan makanan secara mandiri (bukan autotrof).
  3. Tubuh fungi terdiri dari filamen (benang bercabang) yang disebut dengan hifa.
  4. Hifa yang berkelompok membentuk sebuah anyaman, disebut dengan miselium.

Cukup 4 saja yah ciri ciri fungi secara umum yang admin bahas di materi biologi kelas X ini. Oke, mari kita lanjutkan ke bahasan peranan fungi dalam kehidupan sehari hari.

 

Peranan Fungi bagi Manusia

Peranan fungi yang merugikan tentu banyak. Simak pembahasannya mengenai dampak buruk fungi bagi kehidupan manusia berikut ini.

  • Penyakit Kulit (Panu, Kurap, Jerawat).
  • Merusak Pakaian.

Baca Juga: 35++ Bakteri Merugikan yang Menyebabkan Penyakit

 

Manfaat Fungi Sehari Hari

Mendengar kata ‘jamur’ tentu konotasinya kearah negatif, seperti penyakit, jamur pada pakaian, kulit gatal, dan hal buruk lainnya. Namun, tahukah kalian bahwa fungi juga banyak berperan bagi kehidupan manusia sehari hari? Nah, di pembahasan ini, admin akan memberikan beberapa manfaat fungi pada kehidupan sehari hari.

  • Fungi dapat menjadi fermentor dalan industri keju.
  • Fungi dapat menjadi penghasil antibiotik atau penicilin.
  • Fungi mampu menjadi dekomposer (pengurai sampah).
  • Fungi dapat digunakan untuk bahan pangan (karena mempunyai protein tinggi).
  • Pembuatan Tempe.
  • Pembuatan Roti.
  • Pembuatan Obat Obatan.

Walaupun jamur identik dengan hal negatif, namun fungi memiliki banyak manfaat bagi manusia

Itulah beberapa fungsi fungi yang biasa kita jumpai di kehidupan sehari hari, ada tambahan? Jika iya, silahkan tinggalkan komentar yah.

 

Reproduksi Fungi

Berdasarkan reproduksi fungi, jamur dibedakan menjadi 4 golongan. Berikut klasifikasi fungi berdasarkan cara berkembang biaknya:

  1. Zygomycota
  2. Ascomycota
  3. Basidiomycota
  4. Deuteromycota
  5. Chytridiomycota

Sekian bahasan admin mengenai Ciri Ciri Fungi: Pengertian, Karakteristik, Manfaat, serta Peranan Menguntungkan dan Merugikan. Nantikan bahasan berikutnya mengenai klasifikasi fungi, morfologi fungi, serta jenis jenis fungi dua hari mendatang. Dan seperti biasa, semoga dapat menambah pengetahuan anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.