Cara Mencegah Osteoporosis dan Pentingnya Pencegahan Sejak Dini

BelajarIPA.net – Halo sahabat apa kabarnya? Masih tetap semangat dan bugar ya? Kali ini kita akan membahas cara mencegah osteoporosis serta obat untuk penyakit osteoporosis. Namun sebelum kita bahas obat untuk penyakit keropos tulang tersebut, sebenarnya  apakah anda sudah mengetahui tentang penyakit osteoporosis? Penyakit Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa yang rendah dan diikuti dengan penurunan kualitas jaringan tulang yang akan menimpulkan kerapuhan tulang, hal ini menyebabkan penyakit Osteoporosis juga sering disebut dengan penyakit tulang keropos. Osteoporosis bukanlah penyakit sendi seperti Osteoarthritis. Nah sebelum membahas secara rinci mengenai obat osteoporosis, mari mengenal jenis jenis dari penyakit pengeroposan tulang dulu yah.

Cara Mencegah Osteoporosis dan Pentingnya Pencegahan Sejak Dini
Cara Mencegah Osteoporosis dan Pentingnya Pencegahan Sejak Dini

Jenis-jenis Penyakit Osteoporosis

Perlu anda ketahui, ternyata penyakit Osteoporosis ini memiliki tiga jenis. Diantaranya sebagai berikut Osteoporosis Primer, Osteoporosis Sekunder, Osteoporosis Anak. Osteoporosis Primer sering menyerang wanita yang sudah menopause dan juga pria dewasa yang sudah lanjut usia. Pada wanita pascca menopause, Osteoporosis Primer disebabkan oleh terjadinya kekurangan hormon utama wanita yaitu estrogen yang berfungsi untuk mengatur pengangkutan kalsium ke tulang. Osteoporosis Sekunder adalah penyakit tulang yang disebabkan oleh berberapa hal diantaranya merokok, murang gerak, kelebihan obat-obatan, kelebihan kafein dan sebagainya. Sedangkan Osteoporosis anak juvenile idiopathic osteoporosis dikutip dari halaman wikipedia.org.

Berapa Banyak Manusia yang Telah Mengindap Penyakit Tulang Keropos?

Saat ini diperkirakan  1 dari 3 wanita dan 1 dari 12 pria di atas usia 50 tahun di seluruh dunia mengidap osteoporosis (wikipedia.org,2015). Seperti kata pepatah

Mencegah Lebih Baik dari pada Mengobati

maka dari pada harus menderita dahulu, kemudian bingung mencari cara mengatasi osteoporosis, belum lagi harus mengobati osteoporosis dengan biaya pengobatan yang tidak murah. Tentu opsi kedua berupa pencegahan penyakit merupakan pilihan yang bijak. Apabila pencegahan osteoporosis sejak dini tidak dilakukan, bukan tidak mungkin kita akan masuk kedalam daftar penderita penyakit tersebut.

Mengenal Penyebab Osteoporosis
Mengenal Penyebab Osteoporosis

Cara Mencegah Osteoporosis

Lalu apakah ada cara mencegah penyakit osteoporosis ? jika ada, bagaimana cara mencegah osteoporosis ? Nah, jawabannya tentu bisa. Mengenai cara pencegahan osteoporosis dapat kita lakukan dengan mengkonsumsi kalsium sesuai dengan kebutuhan kita, berolahraga yang cukup, menambah konsumsi vitamin untuk tulang keropos, dan bila perlu konsumsi obat yang di anjurkan dokter, minum susu juga boleh :-).

Penelitian terbaru di Negara Mexico telah ditemukan obat yang berasal dari tanaman yang dapat membantu penyerapan kalsium. Tanaman yang dapat dijadikan media penyembuhan osteoporosis tersebut ialah tequila plant. Secara fisiologi, tequila plant adalah tumbuhan yang mirip dengan nanas yang ada di Negara kita. Tequila plant, adalah sejenis tanaman yang digunakan untuk membuat minuman tradisional Mexico. Agave tequilana jenis biru yang memiliki zat yang dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan magnesium, yang merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Seperti yang dikutip López (dalam Desarrollo, 2016) menyatakan bahwa mengonsumsi fructans yang terkandung dalam agave, akan bekerjasama dengan mikrobiota yang terdapat pada usus yang dapat menyebabkan pembentukan tulang baru. Peneliti Mexico melakukan melakukan berbagai eksperimen terhadap hewan percobaan untuk mendapatkan kesimpulan. Prosedur eksperimen yang dilakukan terdiri dari menghapus ovarium dari tikus betina untuk menginduksi osteoporosis. Langkah berikutnya adalah untuk mengelolafructans agavedan diberikan kepada tikus tersebut selama delapan minggu kemudian pada minggu kedalam sampel femur (tulang paha) diambil untuk mengukur penyerapan mineral dan osteocalcin dan hasil menunjukan protein yang terdapat pada femur menunjukkan produksi tulang baru.

Osteoporosis Adalah - Mengenal Osteoporosis
Osteoporosis Adalah – Mengenal Osteoporosis

Para peneliti menemukan bahwa, tikus yang diberi konsumsi minuman tersebut  hampir 50 persen lebih dari protein tersebut, selain ditermukan juga bahwa diameter tulang tikus lebih tinggi dibandingkan dengan subjek yang tidak diberikan agave. Namun perlu dicatat, hasil penelitian ini diterapkan pada tikus.

Hasil penelitian ini memberikan kemungkinan pengembangan alternatif dalam pengobatan osteoporosis, penyakit berdasarkan menurut statistik terbaru dari International Osteoporosis Foundation, penyakit yang mengidap lebih dari 200 juta orang di seluruh dunia pada rentang usia lebih dari 50 tahun. Semoga kedepannya lebih banyak lagi penelitian lanjutan yang berawal dari sini. Atau mungkin sahabat ingin melanjutkan penelitian ini sehingga dapat digunakan bagi manusia? Di tunggu ya hasil karyanya.

Rujukan