Cara Cepat Memahami Pelajaran Fisika – Fisika Itu Mudah

BelajarIPA.net – Mungkin para sahabat tidak setuju dengan judul fisika itu mudah di atas. Begitu juga yang di alami oleh murid-murid saya dahulu sewaktu saya masih aktif mengajar di SMK Swasta di Bandar Lampung. Pemikiran ini terdapat pada siswa kemungkinan dikarenakan Fisika adalah salah satu mata pelajaran yang banyak sekali rumus dan harus berkutat dengan angka. Memang saya sadari, saya juga sewaktu menggambil kuliah S1 terdapat matakuliah yang menurut saya susah dan akhirnya saya mendapatkan nilai C. Tapi alasan tersebut belumlah dapat dijadikan pegangan untuk menganggap bahwa pelajaran fisika itu susah bukan ? Selama kita tahu cara belajar yang baik dan benar, terutama untuk mata pelajaran ini tentu anggapan tersebut dapat dibantahkan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada artikel ini admin bukan membahas mengenai metode menghafal cepat, melainkan mengulas mengenai cara cepat memahami pelajaran fisika.

Cara Cepat Memahami Pelajaran Fisika

Ilustrasi Siswa Pintar yang Mengetahui Cara Cepat Belajar Fisika

Definisi Fisika

Sebenarnya apa sih definisi dari fisika itu? Apa pentingnya mempelajari fisika? Ada tidak gunanya untuk kehidupan sehari-hari. Pertanyaan ini mungkin muncul pada benak anda. Sebelum menjawab rentettan pertanyaan tersebut, mari kita cari tahu dahulu tentang fisika itu sendiri. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) fisika memiliki makna fisika adalah ilmu tentang zat dan energi. Menurut www.physics.org, definisi fisika itu sendiri adalah sebagai berikut.

The dictionary definition of physics is “the study of matter, energy, and the interaction between them

Dari kedua pengertian tersebut kita sepakat bahwa fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang materi, energi dan interaksi keduanya. Materi itu sendiri memiliki pengertian, Materi adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang.

Anggapan masyarakat pada umumnya fisika adalah mata pelajaran yang berisikan teori dengan segudang rumus-rumus yang rumit, belum lagi ditambah rumus fisika yang rumit, dan segudang alasan lain. Padahal tidak hanya itu saja, teori, hukum yang ada dan diterapkan di setiap bidang aktivitas manusia misalnya memproduksi sumber daya energi, ketika anda berjalan, ketika anda mengangkat barang, ketika anda melempar bola dan akan selalu ditemukan disekeliling kita yang berkaitan dengan fisika.

Cara Cepat Memahami Pelajaran Fisika

Cara Cepat Memahami Pelajaran Fisika

Cara Cepat Memahami Pelajaran Fisika dan Cara Mudah Belajar Fisika

Lalu bagaimana tips menghafal cepat pelajaran fisika ? Bagaimana cara belajar fisika dasar serta cara menghafal cepat rumus fisika dasar dengan mudah ? Jawaban utamanya tentu dengan menyukai fisika itu sendiri. Menyukai suatu pelajaran merupakan cara agar cepat pintar secara alami yang jarang dimengerti oleh sebagian besar pelajar. Selain itu cara tersebut juga dapat dijadikan sebagai cara cepat menghafal pelajaran dalam waktu singkat.

Bagaimana Agar kita Menyukai Fisika?

Menurut saya, salah satu cara agar kita menyukai fisika adalah memiliki cara berpikir seorang ilmuan. Para ilmuan memiliki segudang pertanyaan tentang kehidupan sehari-hari misalnya, bagaimana alam semesta ini terbentuk? Mengapa matahari selalu bersinar?, Mengapa apel jatuh ke bumi, sedangkan matahari atau bulan tidak? Jika anda memiliki pertanyaan seperti ilmua fisika ini, anda pasti akan menyukai fisika. Kok bisa seperti itu? yup… anda pasti akan mencari tahu tentang jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ada dipikiran anda.

Menurut Aalsvoort yang dikutip oleh Holbrook dan Rannikmae (2009) menyatakan bahwa terdapat beberapa aspek yang berhubungan dengan pembelajaran sains di sekolah antara lain:

  • pelajaran sains harus relevan dari perspektif siswa.
  • pelajaran sains perlu memberikan wawasan tentang kemungkinan profesi.
  • relevansi sosial memberikan wawasan ke dalam pelajaran peran sains dalam masalah manusia dan social.
  • pelajaran sains perlu membantu siswa berkembang menjadi warga negara yang bertanggung jawab.

Berdasarkan aspek tersebut bisa di ambil makna bahwa terdapat keterkaitan dengan dampak awal pembelajaran pada siswa, siswa mengetahui mengapa mereka mempelajari sesuatu sehingga menimbulkan persepsi apa manfaatnya bagi siswa (Tobing, 2016). Ketika siswa memiliki pemahaman tentang manfaatnya fisika dalam kehidupan sehari-hari maka siswa tersebut akan lebih suka terhadap fisika.

Cara Mudah Belajar Fisika

Cara Mudah Belajar Fisika

Rujukan:

  1. Holbrook, J & Rannikmae, M. (2009). The Meaning of Scientific Literacy. International Journal of  Environmental & Science Education, 4(3), hal 275-288
  2. https://id.wikibooks.org/wiki/Fisika_itu_mudah
  3. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/index.php
  4. http://www.physics.org/article-questions.asp?id=18
  5. Tobing, Y. L. (2016). Rekonstruksi Bahan Ajar IPA Bermuatan Nature of Science pada Topik Pemanasan Global dan Perubahan Iklim. Tesis pada Pendidikan IPA SPS UPI: tidak diterbitkan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.