Apa itu Metode Ilmiah ? Penjelasan Pengertian Tahapan dan Langkah Lengkap yang Harus Dilakukan

BelajarIPA.net Ketika para sahabat membaca judul yang akan kita bahas yaitu tentang apa itu metode ilmiah, pasti diantara pembaca memiliki pemikiran wah itu sains punya. Namun yang perlu kita sadari bahwa setiap ilmu baik ilmu sosial dan sains menggunakan metode metode ilmiah (Scientific Method), hal ini juga yang menjadi dasar penggunaan metode ilmiah pada kurikulum yang terbaru. Apa itu metode ilmiah? Mari simak penjelasan dibawah ini tentang pengertian metode ilmiah.

Apa itu Metode Ilmiah - Belajar IPA
Apa itu Metode Ilmiah – Belajar IPA

Apa itu Metode Ilmiah ? Pengertian Lengkap dan Penjelasannya

Metode ilmiah (Scientific Method) adalah suatu pendekatan sistematik untuk melakukan penelitian (Chang, 2003). Contohnya, seorang psikolog ingin mengetahui apakah latar belakang pendidikan orang tua mempengaruhi nilai mata pelajaran sains atau seorang ilmuan biologi sedang melakukan penelitian tentang pengaruh sinar matahari terhadap pertumbuhan biji kecambah dan sebagainya. Lalu, bagaimana langkah langkah metode ilmiah dan tahapan metode ilmiah itu sendiri?

Langkah Langkah Metode Ilmiah

Secara sederhana langkah langkah penelitian ilmiah terdiri dari 3 bagian yaitu pengamatan, penyajian data dan penafsiran atau menarik kesimpulan. Nah, kalau begitu langsung saja kita mengulas urutan metode ilmiah dan tahapan penelitian yuk.

Langkah Pertama – Mencari Masalah yang Ada di Sekitar

Analisis Mencari Masalah yang Ada di Sekitar - Belajar IPA
Analisis Mencari Masalah yang Ada di Sekitar – Belajar IPA

Langkah pertama dalam metode penelitian ilmiah adalah mencari masalah, wah diluar sana menghindari masalah malah anda harus mencari masalah hehehe. Masalah adalah kesenjangan antara apa yang terjadi dengan ideal yang harus terjadi. Misalnya anda seorang guru, coba amati kondisi ideal apa yang harusnya terjadi di dalam kelas dan bandingkan kondisi nyata dalam pembelajaran. Ketika anda menemukan kesenjangan atau gap, berarti anda telah menemukan masalah yang harus diperbaiki.

Langkah Kedua – Mencari Solusi dan Cara Mengatasi Masalah Tersebut

Selanjutnya step ke dua dari langkah langkah penelitian ilmiah ialah mencari informasi mengenai masalah dan cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki serta menyelesaikan masalah yang ada. Informasi yang anda cari bisa berasal dari artikel jurnal yang membahas tentang topik atau permasalahan yang anda hadapi, kemudian dari beberapa artikel jurnal tersebut anda berikan alternatif cara yang kira-kira dapat menyelesaikan masalah tersebut dan berikan alasannya tentang alterlatif cara tersebut anda gunakan dan perbedaannya dengan cara yang sudah pernah dilakukan.

Langkah Ketiga – Menentukan Hipotesa dari Rumusan Masalah

Setelah mendapatkan informasi yang cukup, baru anda menentukan hipotesis dari rumusan masalah tersebut. Hipotesis adalah jawaban sementara terhadap masalah anda yang didasarkan pada informasi yang telah anda cari dan harus dibuktikan kebenarannya.

Langkah Keempat – Melakukan Percobaan dari Metode Ilmiah

Melakukan Percobaan dari Metode Ilmiah - Beajar IPA
Melakukan Percobaan dari Metode Ilmiah – Beajar IPA

Langkah berikutnya dari metode ilmiah ini tentunya adalah melakukan percobaan. Pada tahap ini, anda harus melakukan pengamatan yang hati-hati dan mencatat semua informasi yang anda perlukan. Data yang anda peroleh dalam penelitian dapat bersifat kualitatif yang merupakan hasil pengamatan umum terhadap sistem, ataupun bersifat kuantitatif yang berupa angka-angka yang diperoleh dari pengukuran.

Langkah Kelima – Menyajikan Data Penelitian

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting yaitu menyajikan data yang telah anda peroleh. Data yang sudah anda peroleh baik data kualitatif maupun kuantitatif anda sajikan dan anda olah. Pengolahan data disesuaikan dengan jenis data yang anda dapatkan. Langkah terakhir dari sini adalah menarik kesimpulan dari data yang ada dan cek kembali tentang hipotesis anda, apakah hipotesis anda diterima atau ditolak. Jika hipotesis yang keabsahannya telah teruji melalui berbagai percobaan maka dapat berkembang menjadi teori. Nah jangan lupa juga untuk menulisnya sesuai kaidah dan metode penulisan ilmiah yah.

Ingin bekerja ala ilmuan? silahkan menggunakan metode ilmiah, dan lakukan penelitian anda. Langkah terakhir dalam penelitian yang saya sarankan adalah publikasi hasil penelitian anda. Publikasikan hasil penelitian anda melalui jural ilmiah atau seminar nasional sehingga masyarakat mendapatkan informasi tentang hasil penelitian anda. Demikian ulasan singkat saya tentang Apa itu metode ilmiah? semoga bermanfaat bagi anda, jika dirasa artikel ini bermanfaat tolong bantu sampaikan kepada yang lainnya dengan membagikannya melalui apa saja. Ayo kampanyekan Belajar IPA !!

Sumber Rujukan

  1. Chang, R. (2003). Kimia dasar. Jakarta:Penerbit Erlangga
  2. Magnus, A. (2015). The Scientific Method. [Online] tersedia di http://bit.ly/BelajarIPA-metode-penelitian diakses 1 Oktober 2017

Jika anda mengutip artikel ini, harap cantumkan artikel ini ke daftar pustaka anda sebagai sitasi anda dengan cara

Tobing, Y. L. Apa itu metode ilmiah. [Online] Tersedia di http://www.BelajarIPA.net/apa-itu-metode-ilmiah/ diakses pada tanggal 11 Oktober 2017 (tanggal akses anda sesuaikan)

Jika anda mencantumkan sitasi ini berarti anda menghargai karya seseorang, ayo Belajar IPA.